Anda di sini
Beranda > Nusantara > ‘Anak Kolong’ Itu Kini menjadi Uskup Purwokerto

‘Anak Kolong’ Itu Kini menjadi Uskup Purwokerto

Paus Fransiskus kembali mengangkat uskup baru untuk Indonesia, tepatnya di Keuskupan Purwokerto dan Keuskupan Maumere, Sabtu (14/7). Kira-kira pukul 12.00 waktu Vatikan (saat doa Angelus) atau pukul 17.00 waktu Indonesia bagian Barat surat pengangkatan tersebut diumumkan. Para pastor terpilih itu adalah Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Bogor RD. Christophorus Tri Harsono menjadi Uskup Purwokerto menggantikan Mgr Julius Kemo Sunarko SJ. Sementara Vikjen Keuskupan Maumere, RD. Ewaldus Martinus Sedu diangkat menjadi Uskup Maumere menggantikan Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD.

Di Keuskupan Bogor sendiri, pengumuman ini disampaikan pada awal perayaan ekaristi pk. 17.00 WIB di Gereja BMV Katedral Bogor oleh Bapa Uskup Monsinyur Paskalis Bruno Syukur OFM. “Hari ini adalah hari yang istimewa untuk kita semua, saya akan membacakan surat dari Paus Fransiskus berkaitan dengan tugas perutusan. Romo Tri Harsono yang merupakan Vikjen Keuskupan Bogor hari ini diangkat oleh Paus Fransiskus menjadi uskup Keuskupan Purwokerto,” kata Monsinyur Paskalis dihadapan ratusan umat dan belasan pastor yang mendadak diundang untuk misa bersama di Katedral.

‘Anak Kolong’ yang menjadi Pastor

Mgr. Christophorus Tri Harsono Uskup terpilih Keuskupan Purwokerto. Foto: Aloisius Johnsis

Mgr. Christophorus Tri Harsono lahir di Bogor, 18 Januari 1966. Sejatinya, ia adalah “anak kolong”, tinggal dan dibesarkan di kompleks Lanud Atang Sendjaja, Semplak, Bogor. Ayahandanya (Almarhum Bp. Pitoyo) merupakan anggota Paskhas TNI-AU.

Ia mengenyam pendidikan di Seminari Menengah Stella Maris Bogor selama 4 tahun. Kemudian karena cita-cita untuk menjadi imam semakin berkobar, ia melanjutkan studi ke Seminari Tinggi St. Petrus Paulus di Buah Batu Bandung, serta kuliah di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan.

Bersama dengan RD. Markus Santoso, teman seangkatannya, dan RD. Stanislaus Kostka Pujiantoro (alm), kakak angkatannya di seminari, ia ditahbiskan di Paroki Keluarga Kudus, Cibinong pada 5 Februari 1995. Mereka ditahbiskan sebagai imam-imam sulung yang diurapi oleh tangan Mgr. Michael Cosmas Angkur OFM. Kala itu Monsinyur Angkur adalah uskup baru Keuskupan Bogor. Ia baru 3,5 bulan menerima konsekrasi uskup untuk menggembalakan umat di Keuskupan Bogor yang wilayah pelayanannya membentang dari sisi barat Sungai Citarum sampai dengan Ujung Kulon, minus DKI, Tangerang, dan Bekasi.

Menjadi Dosen Islamologi

Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM membacakan surat pengangkatan RD. Tri Harsono menjadi Uskup Purwokerto. Foto: Aloisius Johnsis

Tugas pastoral pertamanya setelah ditahbiskan adalah menjadi pastor vikaris di Paroki Maria Tak Bernoda, Rangkasbitung (1995-1996). Setelah itu pindah ke Bogor untuk menjadi pamong di Seminari Menengah Stella Maris (1996-1998), kemudian pada 1998-2001 ditugaskan melanjutkan studi bahasa dan budaya Arab di The Center or Arabic Studies of Comboni Missionaries, Cairo, Mesir, dan Pontifical Institut for Arabic & Islamic Studies (PISAI), Roma, Italia.

Sekembalinya ke Indonesia mendapat perutusan sebagai dosen Islamologi pada Fakultas Filsafat Unpar sampai sekarang. Selain itu, pernah juga merangkap menjadi Rektor Seminari Tinggi St. Petrus Paulus, Bandung (2002-2005 dan 2008-2014). Ketika menetap di Bandung ia aktif melibatkan diri dalam berbagai kegiatan dialog antarumat beragama dan akrab dengan berbagai tokoh lintas agama.

Uskup Bogor saat ini, Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM, menariknya kembali ke Kota Bogor untuk ambil bagian di pusat pelayanan keuskupan, sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor, sejak 2014. Tugasnya semakin besar karena harus menjadi orang kedua di tingkat keuskupan, yang bertanggungjawab atas berbagai kegiatan Kuria Keuskupan.

Sampai pada Sabtu (14/7) ini, Paus Fransiskus mempercayakan tugas baru baginya sebagai gembala di Keuskupan Purwokerto, Jawa Tengah, melanjutkan pelayanan Mgr. Julianus Sunarko SJ yang telah mengundurkan diri karena usia pensiun.

Proficiat Monsinyur Christophorus Tri Harsono! Selamat menggembalakan umat Keuskupan Purwokerto.

(Aloisius Johnsis)

Sumber: RD. Agustinus Surianto Himawan

Doa Syukur Agung. Foto: Aloisius Johnsis

Leave a Reply

Top