Anda di sini
Beranda > Artikel > Semarak 125 Tahun, Sebuah Perayaan dari Kita dan untuk Kita

Semarak 125 Tahun, Sebuah Perayaan dari Kita dan untuk Kita

Kegiatan Semarak 125th Gereja Katedral Bogor tengah berlangsung, ratusan orang telah terlibat dalam berbagai rangkaian acaranya mulai dari misa, gelar wicara, sampai dengan berbagai perlombaan. Bagaimana dengan anda?

Sebelum memutuskan akan terlibat atau tidak, mari kita selisik lebih dalam mengenai makna dari perayaan Semarak 125th Gereja Katedral Bogor secara khusus untuk kita masing-masing.

Sadar atau tidak Pandemi Covid-19 yang hampir 2 tahun kita hadapi bersama membuat manusia hidup dalam banyak keterbatasan. Mulai dari keterbatasan gerak, ruang, sampai dengan berbagai aktivitas yang biasa dijalani. Seperti yang terlihat, hal ini juga membuat kehidupan menggereja yang biasa kita jalani bersama seakan-akan berhenti.

Misa mingguan, latihan kor pada sore atau malam hari, rapat-rapat, seminar, talkshow, kursus menjahit, pengakuan dosa, dan masih banyak lagi hilang seketika. Banyak orang bingung, pusing, bahkan stres menghadapi situasi yang sedang tidak baik-baik saja ini. Dalam waktu yang panjang hal tadi membentuk keprihatinan kita bersama, mulai dari umat di kring, lingkungan, wilayah, aktivis dewan paroki, para pastor, sampai dengan bapa uskup sendiri.

Oleh karena itu dalam momen 125 tahun Gereja Katedral Bogor, dewan paroki ingin membangkitkan kembali gairah hidup menggereja yang sejatinya bukan hanya sekadar kehadiran pada misa hari Minggu. Berbagai kegiatan yang dibuat dengan segmentasi peserta yang berbeda-beda diharapkan dapat semakin meningkatkan partisipasi umat sebanyak-banyaknya. Pemikiran mulianya adalah membuat kita semua tersenyum kembali.

Penting untuk kita sadari bersama, bahwa ikut terlibat dalam Semarak 125th Gereja Katedral Bogor sama sekali bukanlah sebuah kewajiban. Ikut terlibat dalam kegiatan ini adalah hak. Hak untuk kembali terlibat aktif dalam hidup menggereja, hak untuk bersenang-senang bersama umat separoki, hak untuk merayakan usia ke-125 paroki tercinta, dan hak untuk kembali tersenyum dalam sukacita iman.

Jadi, bagaimana dengan keterlibatan anda? Maukah hadir, terlibat, dan mengambil hak-hak tersebut?

Uskup Bogor Monsinyur Paskalis Bruno Syukur OFM membuka Semarak 125th Gereja Katedral Bogor bersama Pastor Paroki BMV Katedral RD Paulus Haruna (kanan) dan Ketua Panitia Agus Muhardi (kiri), Sabtu (24/7/2021) malam. Foto: Bernadus Wijayaka

Lepas dari apa yang anda pilih, berikut berbagai kegiatan yang masih akan kita jalani bersama dalam Semarak 125th Gereja Katedral Bogor.

Oktober 2021 (Bulan Maria/Rosario)

  • Lomba Video Kreasi Bunda Maria. #OMKBersamaBundaMaria
  • Lomba Video Kreasi Bunda Maria. #KeluargaBersamaBundaMaria
  • Gelar Wicara – “Menghidupi Peran Bunda Maria dan Santo Yosef sebagai Teladan Umat
  • Beriman”.
  • Pre-Order Buku Tapak Jejak Katedral Beatae Mariae Virginis Bogor.

November 2021

  • Lomba Video Bercerita.
  • Lomba Menulis Kreatif.
  • Lomba Podcast.
  • TikTok Theme Song Challenge.
  • Lomba E-Sport Mobile Legends Bang Bang.

Desember 2021 (Puncak Acara)

  • 8 Desember 2021: Misa Syukur 125th Gereja Katedral Bogor
  • 8 Desember 2021: Jumpa Sesepuh dan para pastor yang pernah berkarya di Katedral.
  • 11 Desember 2021: Puncak Acara dan Launching Buku.

Demikian berbagai kegiatan Semarak 125th Gereja Katedral Bogor yang akan kita jalani bersama ke depan. Jangan sampai ketinggalan untuk terus terlibat aktif dalam berbagai kegiatannya. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi Instagram @beritaumat, Facebook Fanpage Berita Umat, Youtube BMV Production, dan situs bmvkatedralbogor.org ya!

Penulis: Aloisius Johnsis | Editor: Bernadus Wijayaka

Leave a Reply

Top