Anda di sini
Beranda > Nusantara > OMK Keuskupan Bogor Siap Sambut IYD’16

OMK Keuskupan Bogor Siap Sambut IYD’16

[PUSPANITA] Komisi Kepemudaan Keuskupan Bogor menggelar Rapat Pleno untuk menyongsong Indonesian Youth Day (IYD) di Keuskupan Manado pada bulan Oktober 2016 mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu (2/4) dan Minggu (3/4) di Wisma Puspanita Kabupaten Bogor. Sekitar 80 Orang Muda Katolik (OMK) dan Seksi Kepemudaan  (SKP) dari seluruh paroki di Keuskupan Bogor ikut dalam kegiatan ini.

Ketua Komisi Kepemudaan RD Robertus Arie Priyanto mengungkapkan bahwa Keuskupan Bogor akan memberangkatkan 100 orang peserta dengan metode kuota perparoki. “Dana bisa kita pikirkan bersama, yang terpenting adalah nama peserta yang berangkat. Saya secara khusus meminta anda sekalian para penggerak dan SKP untuk memilih orang-orang yang mempunyai komitmen,” tegasnya.

Dalam rapat pleno ini paroki-paroki yang telah dipilih sebelumnya memberikan presentasi program kerja untuk sharing dinamika kaum muda yang terjadi agar bisa menjadi pembelajaran bersama. Paroki Santo Petrus Cianjur bercerita mengenai Tablo atau Visualisasi Jalan Salib yang digelar hanya dengan waktu persiapan 2 minggu, hal ini membuktikan bahwa OMK juga bisa dipercaya dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan.

Kemudian Paroki termuda di Keuskupan Bogor Santo Ignatius Loyola Semplak yang usianya belum genap 1 tahun sudah aktif dalam kegiatan-kegiatan lintas iman seperti Pemuda Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) bahkan OMK Semplak sudah berpartisipasi dalam pembuatan film kerukunan umat beragama. Paroki lain yang bisa dijadikan teladan adalah Santa Maria Tak Bernoda Rangkasbitung yang OMKnya secara rutin ikut berpartisipasi mengurus Goa Maria Kananda.

Untuk membangun kekompakan antara OMK di Keuskupan Bogor, para peserta yang hadir juga diajak mengikuti outbond dengan komposisi kelompok yang terdiri dari OMK dan SKP dari paroki yang berbeda-beda. Rapat Pleno 2 hari 1 malam ini diakhiri dengan Misa Penutupan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Kepemudaan RD Robertus Ari. Sekali lagi Romo Ari mengingatkan agara para penggrak dan SKP agar segera memilih perwakilan OMK nya untuk mengikuti pehelatan akbar OMK se-Indonesia IYD 2016. “Rekan-rekan OMK dan SKP, saya tunggu nama peserta IYD dari paroki anda masing-masing akhir april ini,” tukas Romo Ari.

(John)

Leave a Reply

Top