Anda di sini
Beranda > Pastoral > Sinode Paroki Katedral, Sarana untuk Jalan Bersama

Sinode Paroki Katedral, Sarana untuk Jalan Bersama

[KATEDRAL] “Sinode yang kita laksanakan hari ini adalah kesempatan yang baik bagi kita semua untuk kembali berjalan bersama membangun gereja khususnya di Paroki Katedral dan Keuskupan Bogor,” ungkap Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo dalam pembukaan Sinode.

Sekitar 500 orang hadir dalam sinode tingkat paroki di Aula Paroki Katedral pada Sabtu (18/5) dan Aula Pusat Pastoral Keuskupan Bogor pada Minggu (19/5). Sinode bertajuk “Sukacita sebagai Communio yang Injili, Peduli, Cinta Alam, dan Misioner” ini dipandu oleh tim fasilitator yang dipimpin oleh RD Robertus Untung Hatmoko bersama para frater.

Sinode di paroki terbagi ke dalam beberapa sesi dengan tema-tema tertentu. Adapun beberapa tema tersebut adalah keluarga, pendidikan, sosial kemasyarakatan, dan lingkungan hidup. Setiap sesi memiliki pertanyaan untuk dijawab oleh peserta. Pertanyaan seputar proses yang tengah berjalan dan apa yang perlu diperbaiki ke depan.

Adapun beberapa isu yang dibahas seputar relasi dengan umat yang berbeda agama, menjadi mayoritas dan minoritas, biaya sekolah yang tinggi di sekolah Katolik, dan masih banyak lagi.

Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor RD Paulus Haruna yang menyempatkan hadir dalam kegiatan ini berharap agar melalui sinode seluruh umat dapat merasakan sukacita yang nyata. “Sukacita dan semangat yang kita rasakan hari ini adalah bekal untuk kita menjadi orang yang berkualitas untuk memajukan diri kita masing-masing dan gereja universal. Kita juga harus menjadi pribadi yang bermanfaat di tengah masyarakat untuk memajukan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sinode diakhiri dengan perayaan ekaristi bersama. Hasil dari sinode akan diolah kembali dalam sinode tingkat dekanat dan tingkat keuskupan. Pada akhirnya, sinode Keuskupan Bogor akan ditutup pada Desember mendatang.

(Enoz Raja/AJ)

Leave a Reply

Top