Anda di sini
Beranda > Nusantara > Penghormatan Khas Pramuka Iringi Pelepasan Jenazah Pastor Yatno

Penghormatan Khas Pramuka Iringi Pelepasan Jenazah Pastor Yatno

[KATEDRAL] Langit pagi tampak muram keabu-abuan, seakan mendukung suasana dukacita yang tengah dirasakan Keuskupan Bogor. Sebuah benda berbentuk persegi panjang berwarna putih pucat berhiaskan gambar religius perjamuan malam terakhir disekelilingnya menjadi tempat disemayamkannya jenazah RD Agustinus Suyatno.

Pastor Yatno, sapaan akrabnya, mengalami kecelakaan tunggal pada Selasa (3/12/2019) di Tol Jagorawi. Setelah dirawat dan dioperasi di RSPAD Gatot Subroto, ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (6/1/2020) pukul 10.10 WIB.

Badan yang tegap, langkah yang perlahan namun mantap dijejakan, serta pakaian berwarna coklat dengan atribut seperti kacu yang bertengger gagah melambangkan seorang Pramuka mengiringi pelepasan Jenazah RD Agustinus Suyatno di Gereja BMV Katedral Bogor, Rabu (8/1) pagi.

Para pengurus Tim Kerja Kepramukaan (TKK) Majelis Pendidikan Katolik (MPK) Keuskupan Bogor dan Keuskupan Agung Jakarta berjalan ke depan altar tempat disemayamkannya jenazah. Bendera berlambangkan tunas kelapa dibentangkan di atas peti jenazah. Hormat pun diberikan sebagai lambang penghargaan terakhir kepada Pastor Yatno. Tak ada air mata yang jatuh, tapi jelas hati semua umat ikut remuk karena berpulangnya seorang imam telah berkontribusi bagi Keuskupan Bogor selama 30 tahun.

Keterlibatan di Pramuka

Upacara penghormatan jenazah dengan tata cara Pramuka diisi dengan dengan suara tegas milik Kak Ephi Sutisna yang merupakan Ketua TKK-MPK Keuskupan Bogor (2011-2014) yang membacakan kilas balik dengan lugasnya.

Dalam kilas balik dikatakan bahwa RD Agustinus Suyatno ialah mantan Ketua Majelis Pendidikan Katolik (MPK) Keuskupan Bogor yang memberikan banyak teladan. “Beliau seseorang yang memberikan banyak teladan. Keterlibatan dalam TKK-MPK pada berbagai kegiatan pramuka baik nasional maupun setempat beliau hadiri di tengah kesibukan yang ada,” katanya.

Foto: Gabriella Evangeline & Audrey Aprillia

Dihantar Tiga Uskup

Setelah prosesi penghormatan terakhir oleh Pramuka selesai rangkaian pelepasan jenazah Pastor Yatno dilanjutkan dengan Misa Requiem, yang dipimpin oleh 3 uskup sekaligus. Mereka adalah Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM, Uskup Emeritus Bogor Mgr. Michael Cosmas Angkur, dan Uskup Purwokerto Mgr. Christophorus Tri Harsono bersama dengan puluhan imam Keuskupan Bogor.

Misa Requiem berlangsung dengan tatapan nanar para imam yang menandakan rasa kehilangan rekan seperjalanannya. Lonceng gereja berbunyi mengiringi peti jenazah yang dimasukkan ke dalam mobil jenazah.

Rangkaian pelepasan jenazah diakhiri dengan penghantaran jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir di TPU Kalimulya, Depok. Sirine khas mobil polisi, puluhan mobil kendaraan pribadi, dan bus yang berisikan umat Paroki Keluarga Kudus Cibinong (PKKC) ikut mengahantarkan jenazah. Rintik hujan menambah sendu suasana dalam prosesi pemakaman. Para keluarga dan beberapa umat serta rekan seperjuangan tak sanggup menahan linangan air mata tatkala jenazah memasuki liang kubur.

Selamat jalan Pastor Yatno harumnya semerbak bunga yang menyeruak mengiringi kepergianmu, sama harumnya seperti karya-karyamu bagi Keuskupan Bogor.

Profil Singkat

RD Agustinus Suyatno. Seorang imam kelahiran Kapuan, Borobudur, Magelang pada 28 Agustus 1961. Anak kedua dari lima bersaudara. Memiliki dua adik yang menjadi imam yaitu RD Yohanes Suradi seorang imam diosesan Keuskupan Bogor dan Alm. RP Suyadi seorang imam ordo Karmel.

Setelah menyelesaikan pendidikan jenjang SMP, beliau melanjutkan pendidikan di Seminari Menengah Stella Maris Bogor, dan Seminari Tinggi Petrus-Paulus Bandung. Mendapat tahbisan diakonat pada 6 Agustus 1989, dan tahbisan presbiterat pada 4 Agustus 1990 bersama RD Christoforus Oferus Lamen Sani, RD Stanislaus Ferry Sutrisna Wijaya, RD Markus Lukas, RD Agustinus Surianto, dan RD Yohanes Maria Ridwan Amo.

Tugas Pastoral
1989-1990       Diakonat Paroki Santo Petrus Cianjur
1990-1992       Pastor Pembantu di Paroki Santo Petrus Cianjur
1992-1993       Pastor Pembantu di Paroki Santo Paulus Depok
1994-1996       Pastor Paroki Santo Matias Cinere
1996-1999       Pastor Paroki Santo Fransiskus Cibadak
1996-1997       Pastor Paroki Santa Maria Tak Bernoda Cicurug
2000-2010      Ketua Yayasan Mardi Yuana Sukabumi
2010-2017       Pastor Pembantu Paroki Keluarga Kudus Cibinong
2017-2019       Pastor Paroki Keluarga Kudus Cibinong

Pengalaman Tugas
-Ketua Komisi Komunikasi Sosial.
-Ketua Unio Keuskupan Bogor.
-Anggota Dewan Keuangan Keuskupan Bogor.
-Anggota Dewan Imam.
-Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Bogor.
-Ketua Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Bogor.
-Anggota Komisi Pendidikan KWI.
-Ketua Badan Musyawarah Pendidikan Katolik.
-Sekretaris MNPK.
-Ketua Majelis Pembina Pramuka MNPK.

(Agnes Marilyn/AJ)

Leave a Reply

Top