Anda di sini
Beranda > Nusantara > Fransiskus Kristino, Putera Bogor Jadi Imam SJ

Fransiskus Kristino, Putera Bogor Jadi Imam SJ

[YOGYAKARTA] Dalam Perayaan Ekaristi Tahbisan Imam Serikat Yesus yang dipimpin Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Rabu (31/7) pagi , Diakon Fransiskus Kristino Mari Asisi, SJ, resmi ditahbiskan jadi imam. Imam asal Paroki St. Perawan Maria Katedral Bogor, kelahiran 27 Maret 1989 ini ada di antara delapan imam SJ yang serentak ditahbiskan di Gereja St. Antonius Kotabaru, Yogyakarta.

Bersama Romo Kristino, ditahbiskan pula Rm. Agustinus Wahyu DA, SJ (asal Yogyakarta); Rm. Benny Beatus W, SJ (Singaraja); Rm. Bernadus Christian TP, SJ (Klaten); Rm. Harry Setianto S, SJ (Denpasar); Rm. Hendricus Satya WP, SJ (Ambarawa); Rm. Paulus Prabowo, SJ (Malang); dan Rm. Rafael Mathando H, SJ (Cinere, Depok).

Misa pentahbisan disambut sukacita umat Katolik Keuskupan Agung Semarang yang di antaranya membawahi Paroki St. Antonius, Kotabaru, Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan begitu meriah dan banyaknya romo, suster, dan umat yang hadir.

Dalam sambutannya Bapa Uskup Mgr. Robertus berpesan agar mereka dapat menghayati benar jati diri sebagai imam. “Menjadi imam harus selalu peka dan terbuka di bawah bimbingan Roh Kudus dalam mempersatukan umat Allah. Menjadi imam juga harus bisa menjadi pewarta kabar gembira dan sukacita Kristus, serta harus selalu siap memperbaharui diri dalam semangat tobat yang sejati,” tegas Mgr. Robertus.

Sebagai ayah, Daniel Joko S. Mari Asisi merasa sangat bahagia ketika tahu Diakon Kristino akhirnya akan ditahbiskan. “Ini benar-benar penantian yang panjang. Sejak masuk seminari, dia harus berkarya dulu sampai 16 tahun. Saat yang paling mendebarkan adalah ketika dia harus menjalani Tahun Orientasi Pastoral di daerah konflik di negara Kamboja,” tuturnya.

Daniel sendiri dikenal aktif di Gereja BMV Katedral Bogor. Ayah dua anak dan suami dari ibu Sofia Sutardi ini adalah warga Gang Kelapa, RT 04/02, Ciapus, Bogor.

Setelah pentahbisan ini, Romo Kristino SJ, selanjutnya akan ditugaskan menjadi Vikaris di Paroki Purbayan, Surakarta, Jawa Tengah. Sementara Misa Perdana di Gereja Katedral Bogor akan diadakan pada Minggu, 18 Agustus 2019.

Proficiat untuk Keluarga Bapak Daniel dan Romo Kristino dari segenap umat Katolik Bogor. Tuhan Memberkati.

(Adrianus Darmawan)

4 thoughts on “Fransiskus Kristino, Putera Bogor Jadi Imam SJ

  1. Proficiat untuk Romo Kristino. Selamat berkarya di Ladang Tuhan.
    Tadi saya bertemu Bpk. Daniel dan Ibu di Borobudur, tepatnya di kediaman Romo Warso.

Leave a Reply

Top