Anda di sini
Beranda > Artikel > Sisi Baik Corona, Memang Ada?

Sisi Baik Corona, Memang Ada?

Virus Corona, mungkin kita sudah sangat bosan melihat dan mendengar semua pemberitaan di televisi, internet, radio, majalah, dan koran membahas hal yang sama. Hal itu sangat wajar, karena pandemi ini digolongkan sebagai kejadian yang luar biasa di hampir seluruh dunia. Aktivitas yang biasa kita lakukan, semuanya harus berubah demi memutus rantai penyebaran virus ini.

Wabah virus ini pun membuat sebagian besar sektor perekonomian seluruh dunia menjadi lesu. Bahkan banyak masyarakat yang tak mampu lagi memenuhi kebutuhan sehari-harinya karena tidak bisa bekerja seperti biasanya.

Di Indonesia sendiri penyebaran virus Corona begitu cepat. Hanya dalam beberapa pekan saja, virus ini sudah menginfeksi ribuan masyarakat Indonesia. Pada saat ini sudah tercatat sekitar lebih dari 22 ribu kasus diantaranya sekitar 1.300 orang meninggal dunia, dan 5.600 orang dinyatakan sembuh.

Meskipun wabah virus ini membuat seluruh orang panik dan sangat merugikan sektor perekonomian. Ternyata ada pula sisi baik virus Corona yang dapat kita ambil hikmahnya. Apa saja itu? Yuk simak pemaparannya!

  • Mempererat Hubungan Internasional

Tak dapat dipungkiri bila banyak negara di belahan dunia bersama-sama saling memberi dukungan untuk menghadapi virus ini. Mulai dari bantuan tenaga dan peralatan medis sampai bantuan bahan pangan dikerahkan untuk negara yang memiliki kasus tertinggi. Seperti contohnya China yang mengerahkan tenaga medisnya untuk membantu Italia yang merupakan negara di luar Asia yang memiliki kasus tertinggi. Masyarakat Israel dan Palestina juga bersatu untuk menghadapi virus ini.

  • Meningkatnya Kualitas Udara

Karena banyak negara yang melakukan kebijakan lockdown dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) aktivitas kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi menurun drastis. Sehingga kualitas udara di daerah perkotaan sekalipun membaik.

  • Jeda kehidupan

Sisi baik lainnya adalah membuat kita dapat mengambil jeda dari padatnya aktivitas dan kehidupan kita. Pada saat ini juga banyak orang yang memiliki banyak waktu untuk beristirahat, merawat diri, dan berkumpul bersama keluarga tercinta.

  • Masyarakat Lebih Peduli dengan Kebersihan dan Kesehatan

Virus ini juga membuat masyarakat lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan mereka masing-masing. Mulai dari rutin mencuci tangan, menerapkan pola makan yang sehat, rutin mengonsumsi vitamin, sampai berolahraga di dalam rumah.

  • Menggerakan Jiwa Sosial

Masyarakat saling memberi bantuan, baik itu material ataupun sosial. Hal ini sangat terlihat jelas dengan banyaknya pembagian sembako, masker, dan kebutuhan pangan. Serta banyaknya sukarelawan medis yang turun di garda depan.

  • Sadar akan Berharganya Pertemuan

Saat kita semua hanya diam di rumah saja/diisolasi, kita tidak bisa bertemu dengan teman, sahabat, dan keluarga kita. Hal ini membuat kita semakin menghargai arti dari pertemuan, yang dahulunya kita dengan mudah untuk ke mana saja. Tiba-tiba harus mengurung diri di rumah, meski kini rasa rindu dapat terobati sedikit dengan adanya video call di berbagai aplikasi. Tetapi tak dapat dipungkiri bila bertemu dengan tatap muka langsung mempunyai kesan yang berbeda.

  • Terbuka dengan Teknologi

Di masa sulit ini semua aktivitas dialihkan melalui internet. Mulai dari bisnis, pendidikan, dan pekerjaan. Situasi ini memaksa masyarakat untuk mengeksplor hal-hal yang bisa dilakukan lewat di internet. Setelah pandemi ini berakhir, tentunya masyarakat akan merasakan perubahan yang besar dalam penerapan teknologi.

Suatu musibah akan terlihat selalu buruk apabila kita hanya memandang satu sisi saja. Tetapi dengan memandang dari sisi lain, ternyata tidak sedikit ada hal-hal baik yang dapat kita syukuri. Semoga pandemi ini segera usai dan kita semua selalu diberikan kesehatan.

(Leonardus Evan/AJ)

Leave a Reply

Top