Anda di sini
Beranda > Nusantara > Semarak 125th Gereja Katedral Bogor, Sarana untuk Mengembalikan Senyuman Umat

Semarak 125th Gereja Katedral Bogor, Sarana untuk Mengembalikan Senyuman Umat

[KATEDRAL] “Memang suasananya menyeramkan tetapi kita tidak boleh larut dalam ketakutan. Memang suasananya memprihatinkan, tetapi kita harus tetap berbagi kebahagiaan. Perayaan 125th Gereja Katedral Bogor ini dibuat untuk mengembalikan senyuman kita semua,” demikian dikatakan Ketua Panitia Semarak 125th Gereja Katedral Bogor Mikael Agus Muhardi dalam acara pembukaan pada Sabtu (24/7) malam.

Gereja BMV Katedral Bogor tahun ini akan memasuki usia ke-125 pada Desember mendatang sejak mulai dibangunnya pada 1896 silam. Pun masih di tengah Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, momen berharga ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Oleh karena itu, Dewan Paroki membentuk kepanitiaan yang akan menggelar rangkaian kegiatan mulai Juli sampai dengan Desember 2021.

Acara bertajuk Semarak 125th Gereja Katedral Bogor yang mengangkat tema “Bertumbuh, Berbuah, dan Berdampak di Tengah Era Digital dan Pandemi Covid-19” ini telah dibuka dengan Misa yang dipimpin oleh Uskup Bogor Monsinyur Paskalis Bruno Syukur dan Pastor Paroki BMV Katedral RD Paulus Haruna.

Perayaan Ekaristi dan prosesi pembukaan dilaksanakan secara dari melalui kanal Youtube BMV Production. Acara yang diikuti ratusan orang secara virtual ini berlangsung lancar, khidmat, dan meriah.

Berharap Umat Terlibat

Monsinyur Paskalis dalam sambutannya berharap umat dapat terlibat secara penuh dalam berbagai kegiatan yang disediakan setiap bulannya.

“Marilah berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan cara kita sendiri. Cara ini adalah untuk menunjukkan kepedulian umat kepada gereja. Sumbangkanlah talenta dan bakat kita untuk perkembangan gereja. Karena keikutsertaan umat dapat menumbuhkembangkan gereja. Mari kita mengikuti acara ini dengan antusiasme dan berjalan bersama Allah untuk gereja Katedral Bogor,” ujar Bapa Uskup.

Pastor Haruna pada kesempatan ini juga memberikan refleksinya akan perayaan Semarak 125th Gereja Katedral Bogor.

“Katedral BMV Bogor telah lama memancarkan rahmat Tuhan. Bangunan ini merupakan tempat sakramen kudus dan suci. Banyak yang bertumbuh, berkembang, dan bersinar dalam gereja yang telah menempuh perjalanan 125 tahun,” katanya.

Tahun ini akan menjadi tahun terakhir kepengurusan Dewan Pastoral Paroki dan Dewan Keuangan Paroki periode 2019-2021, acara akan digarap dengan sangat meriah dan spesial sebagai kenangan. Rangkaian acara digelar secara berkesinambungan mulai dari Agustus hingga puncaknya pada Desember mendatang.

Berbagai kegiatan seperti lomba, gelar wicara, hingga kegiatan lainnya akan dipersembahkan kepada umat setiap bulannya secara virtual. Apa saja sih kegiatannya? Simak updatenya di bmvkatedralbogor.org ya!

Penulis: Victoria Simanjaya | Editor: Agnes Marilyn

Leave a Reply

Top