Anda di sini
Beranda > Sajian Utama > Perayaan Minggu Palma, Ribuan Umat Padati Gereja Katedral Bogor

Perayaan Minggu Palma, Ribuan Umat Padati Gereja Katedral Bogor

[KATEDRAL] Minggu Palma di Gereja BMV Katedral Bogor berlangsung sangat meriah. Ribuan umat memadati area gereja sampai tumpah ke parkiran. Hal ini mengejutkan sekaligus menggembirakan, maklum, sudah 2 tahun umat merayakan Pekan Suci dengan banyak keterbatasan. Kali ini Gereja Katedral Bogor ingin memberi kesempatan kepada seluruh umat untuk hadir secara langsung dan berpartisipasi aktif dalam karya keselamatan Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu sistem pendaftaran daring ditiadakan sehingga banyak umat dari luar paroki pun mengikuti perayaan ini.

Ruang-ruang yang semula kosong terisi penuh oleh ribuan umat yang ingin menyambut kedatanganNya di Kota Yerusalem. Lambaian daun palma diiringi lagu Yerusalem Lihatlah Rajamu menghijaukan seluruh area gereja. Meskipun panitia sempat kewalahan menghadapi antusiasme umat yang sangat tinggi, namun perayaan tetap berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Masuknya Yesus Kristus ke kota suci Yerusalem merupakan hal istimewa, sekaligus sebagai pembuka dari rangkaian pekan suci. Perayaan ekaristi dipimpin oleh Vikaris Judisial Keuskupan Bogor RD Yohanes Driyanto dengan konselebran Ekonom Keuskupan Bogor RD Andreas Arie Susanto dan Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Bogor RD Agustinus Nanang, Minggu (10/4) pukul 08.00 WIB.

Misa Minggu Palma kali ini dilakukan secara daring dengan kapasitas yang mendekati normal, untuk umat yang belum bisa hadir ke gereja karena kendala kesehatan masih disediakan layanan daring melalui kanal BMV Production. Tercatat sekitar 500 perangkat terhubung secara langsung mengikuti Minggu Palma virtual.

Umat antusias mengikuti Minggu Palma hingga membludak ke parkiran. Foto: Gregorius Galih

Dalam khotbahnya Romo Dri sapaan akrab RD Yohanes Driyanto berkata, hidup yang saat ini dijalani merupakan pilihan. “Hidup yang saat ini kita jalani adalah serangkaian pilihan yang diikuti dengan berbagai risiko. Oleh sebab itu kita harus memilih pilihan yang baik, benar, dan indah sehingga apapun resikonya kita siap untuk menghadapinya,” tuturnya.

Romo Vikaris Judisial Keuskupan Bogor itu turut menyampaikan, Yesus juga menghadapi berbagai pilihan di hidupnya sama seperti manusia. “Penderitaan yang dialami Yesus merupakan pilihan hidupNya agar tetap taat kepada Allah serta melakukan hal-hal benar. Seperti berkeliling dan mengunjungi orang terutama mereka yang miskin, kecil, dan menderita,” jelasnya.

Perayaan ekaristi pukul 11.00 dan 17.00 WIB juga berlangsung sama meriahnya. Semangat umat untuk memasuki masa Pekan Suci bersama-sama seakan tak terbendung lagi.

Semoga perayaan Pekan Suci kali ini dapat menjadi momentum yang baik untuk umat kembali ke gereja, kembali berkarya untuk Tuhan dan sesama.

Penulis: Vinsensius Jumur | Editor: Agnes Marilyn

4 thoughts on “Perayaan Minggu Palma, Ribuan Umat Padati Gereja Katedral Bogor

Leave a Reply

Top