Anda di sini
Beranda > Pastoral > Pembaptisan Menjadikan Manusia Ciptaan Baru

Pembaptisan Menjadikan Manusia Ciptaan Baru

[KATEDRAL] Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo menjelaskan bahwa rahmat Sakramen Baptis adalah mendapat pengampunan dari dosa asal dan dosa yang telah dibuat sehingga menjadikan manusia sebagai ciptaan yang baru. Ia mengungkapkan hal tersebut dalam upacara pembaptisan yang diikuti oleh 29 orang calon baptis di Gereja Katedral, Senin (21/12). Upacara yang dimulai pukul 15.30 ini dipimpin oleh RD. Tukiyo dengan konselebran RD. Marselinus.

Selanjutnya dalam homil Romo Tukiyo bertanya kepada para calon baptis, “Apa yang kalian minta saat pengukuhan yang pertama dan kedua sekitar 10 bulan yang lalu?”. Suasana hening, dengan nada bercanda Romo Tukiyo berkata, ”sepertinya karena terlalu bersemangat menjadikan anda sekalian lupa. Iman itulah yang anda sekalian minta kepada Tuhan Yesus melalui GerejaNya”. Ia menjelaskan bahwa iman yang diminta oleh para calon baptis memiliki konsekuensi. Beriman kepada Yesus berarti mau percaya kepada Yesus bahwa Ia akan selalu mengasihi umat manusia, beriman juga berarti mau melibatkan campur tangan Yesus dalam setiap persoalan hidup. Pada akhirnya manusia yang sudah dibaptis akan dituntut untuk mau berserah dan mengandalkan Yesus.

Diakhir homili Romo Tukiyo menjelaskan tugas dari wali baptis dan mengungkapkan harapannya kepada para calon baptis. “Mulai hari ini para wali baptis memiliki tanggung jawab seputar hidup beriman untuk membimbing dan mendampingi rekan-rekan yang telah dibaptis. Untuk yang telah dibaptis saya berharap anda sekalian dapat menjadi saksi-saksi Kristus di tengah masyarakat untuk mewujudkan rahmat pembaptisan yang sejati,” tutur Pastor Paroki.

(John)

Leave a Reply

Top