Anda di sini
Beranda > Artikel > New Normal, Siapa Takut?

New Normal, Siapa Takut?

Saat ini kita sedang berada di masa adaptasi kebiasaan baru atau bahasa kerennya New Normal setelah beberapa bulan lalu kita menjalani pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sebenarnya, kebijakan New Normal  ini masih menjadi pembicaraan hangat, karena tidak sedikit dampak buruk yang bisa saja terjadi. Tetapi untuk saat ini, kebijakan New Normal masih dinilai paling efektif untuk menghadapi pandemi karena apabila masyarakat terus melakukan karantina dikhawatirkan dampak yang ditimbulkan akan lebih berbahaya, terutama di bidang ekonomi.

Lalu New Normal itu apa? New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona. Pada intinya New Normal merupakan penyesuaian pola hidup dan mematuhi protokol kesehatan disegala kondisi.

Untuk siap menghadapi New Normal, berikut terdapat beragam tips yang bisa anda lakukan,

  • Masak makanan yang menyehatkan dan bergizi tinggi
    Asupan makanan mempunyai peranan penting dengan daya tahan tubuh, dengan memasak makanan yang menyehatkan dan bergizi akan membuat daya tahan tubuh semakin kuat. Dan kalau perlu, dapat juga tambahkan suplemen vitamin dan penambah daya tahan tubuh secara rutin.
  • Menjaga jarak di tempat umum/physical distancing
    Berusahalah semaksimal mungkin untuk menjaga jarak dan hindari kontak langsung dengan orang lain, mengingat dalam penyebaran Virus Corona ini kontak langsung antarorang adalah penyebab terbesar dibandingkan kontak dengan barang/benda.
  • Hindari tempat kerumunan
    Meskipun dalam New Normal ini kita diperbolehkan untuk berpergian, tetapi alangkah baiknya untuk selalu menghindari tempat yang kemungkinan akan ramai dan terjadi banyak kerumunan orang.
  • Gunakan metode pembayaran non-tunai/cashless saat bertransaksi
    Seperti yang kita tahu, uang tunai sangat mudah berpindah dan dipegang oleh banyak orang. Maka dari itu gunakanlah metode pembayaran cashless yang meminimalisir perpindahan Virus Corona. Namun bila terpaksa menggunakan uang tunai, jangan lupa mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer setelah melakukan transaksi.
  • Gunakan masker setiap berada di luar rumah
    Masker merupakan barang yang wajib kita pakai bila ingin keluar rumah, karena mengingat virus ini juga menyebar lewat tetesan air liur atau droplet. Dalam prakteknya kita juga harus menyiapkan masker cadangan, untuk berjaga-jaga apabila masker yang dipakai sudah tidak nyaman dan lembab.
  • Utamakan olahraga di dalam rumah
    Dalam masa New Normal ini, tempat kebugaran dan taman-taman diberbagai kota sudah mulai dibuka kembali. Tetapi pemerintah menganjurkan aktivitas olahraga lebih baik dilakukan di dalam rumah saja.
  • Perhatikan tanda silang di fasilitas umum
    Pada fasilitas umum seperti di halte, bus, taman kota, dan fasilitas umum lainnya banyak terdapat tanda silang. Maksud dari tanda silang ini adalah panduan untuk menjaga jarak/physical distancing.
  • Tetap memprioritaskan berada di rumah
    Meskipun aturan PSBB sudah dilonggarkan, tetap berada di rumah merupakan pilihan yang terbaik saat ini.
  • Penggunaan peralatan pribadi
    Bila anda diwajibkan beraktivitas di luar rumah, lebih baik membawa peralatan seperti tempat makan sendiri untuk mengurangi resiko penularan virus ini.

Harap diingat pada masa New Normal kita masih hidup berdampingan dengan Virus Corona ini, jangan sampai kelonggaran aturan yang diberikan dimasa New Normal membuat anda melupakan bahaya dari Virus Corona ini.

Jadi lakukanlah tips-tips diatas dan tetap patuhi protokol kesehatan yang ada. Jangan lupa pula untuk selalu berdoa kepada Tuhan supaya Virus Corona ini cepat menghilang dan kita dapat menjalani kehidupan yang normal seperti saat virus ini belum ada.

(Leonardus Evan/AJ)

Leave a Reply

Top