Anda di sini
Beranda > Artikel > Belajar Online dan Perjumpaan Virtual

Belajar Online dan Perjumpaan Virtual

Sejak mewabahnya pandemi virus corona atau yang dikenal dengan sebutan Covid-19 pada Maret yang lalu, aktivitas masyarakat kini menjadi terbatas, terutama ketika beberapa wilayah sudah menerapkan PSBB. Apa sih PSBB itu? PSBB merupakan singkatan dari pembatasan sosial berskala besar. PSBB ini dirinci pada peraturan menteri kesehatan (PMK) No.9/2020.

Belajar dari Rumah

Terkait pandemi Covid-19 yang sedang dialami beberapa negara di dunia ini. Hampir seluruh sekolah dan universitas di Indonesia meniadakan kegiatannya terlebih dahulu. Sehingga para siswa maupun mahasiswa diharapkan dapat mengikuti materi dan mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

Memang merupakan hal  yang baru, ketika biasanya harus datang ke sekolah, bertemu dengan teman-teman, belajar, dan bermain bersama tetapi kali ini kita dianjurkan untuk tetap berada di rumah saja jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak.

Mungkin ada beberapa di antara kita yang sering mengeluh ketika harus mengerjakan tugas sekolah/kampusnya setiap hari, dan merasa beraktivitas seperti biasa akan lebih baik daripada harus mengerjakan tugas yang bertumpuk-tumpuk.

Hal ini wajar saja, karena kita belum terbiasa berada dikondisi seperti ini. Solusinya untuk kalian yang pernah merasa seperti di atas adalah mengerjakan tugas yang diberikan saat itu juga agar tugas hari esok tidak menjadi beban.

Perjumpaan Virtual

Kegiatan belajar-mengajar dan mengobrol dengan teman pun saat ini banyak dilakukan secara virtual loh. Dengan beberapa fasilitas aplikasi yang ada seperti  microsoft teams, web ex, hangouts, dan zoom kita dapat mengobrol dan melepas rindu dengan teman-teman. Meski saat ini kita tidak diperbolehkan berkumpul di luar rumah, kita dapat tetap membangun relasi yang baik dengan mereka.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, kegiatan keagamaan pun juga dibatasi. Sudah beberapa minggu ini perayaan ekaristi di Gereja Katedral pun ditampilkan secara daring melalui Youtube sehingga umat dapat tetap di rumah mengikuti perayaan ekaristi dengan hikmat. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya perkumpulan yang melibatkan banyak orang yang mungkin bisa saja menjadi penyebab penyebaran virus corona.

Ada beberapa yang merasa nyaman ketika kegiatan belajar mengajar, bersosialisasi, bekerja, dan beribadah dilakukan secara virtual. Tapi ada juga yang merasa kurang nyaman dengan keadaan saat ini.

Yuk, coba kita ambil sisi positif dari apa yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Belajar, bekerja, bersosialisasi, dan beribadah dari rumah melalui media digital itu asyik loh! Kita dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Selain itu, dengan tetap melakukan kewajiban kita dari rumah melalui media komunikasi maupun media sosial lainnya, kita dapat membantu pemerintah untuk menangani pandemi virus ini.

Pastinya kita ingin sekali beraktivitas seperti biasa bukan? Pergi ke sekolah, kampus, tempat kerja, dan tempat ibadah seperti biasanya. Untuk itu, tetap diam di rumah dan lakukan segala kewajiban kita seperti biasa selama beberapa waktu akan membuat bumi ini menjadi pulih kembali seperti sediakala.

Seluruh kegiatan yang ditiadakan saat ini bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan untuk kesehatan orang banyak. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sesering mungkin. Jika keadaan mendesak yang membuatmu harus keluar rumah, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan menjaga diri untuk tidak berada di keramaian.

(Gabriella Evangeline/AJ)

Leave a Reply

Top