Anda di sini
Beranda > Artikel > Tahun Kerbau Logam & Ciri Khas Perayaan Imlek

Tahun Kerbau Logam & Ciri Khas Perayaan Imlek

Tepat 12 Februari tahun ini, etnis Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia kembali merayakan momen Tahun Baru Imlek. Mungkin untuk pertama kali dalam sejarah, Tahun Baru Imlek harus dirayakan dengan penuh kecemasan akibat pandemi Covid-19. Pertemuan keluarga yang dinantikan mungkin perlu ditunda dan digantikan dengan pertemuan secara virtual.

Shio Tahun Baru Imlek 2021 adalah kerbau logam. Sebelum membahas tentang makna tahun ini, tahukah kalian bahwa Tahun Baru Imlek mempunyai segudang ciri khas? Mari simak pembahasannya,

  • Imlek tidak memiliki tanggal pasti
    Tanggal Tahun Baru Imlek berganti setiap tahun dikarenakan mengikuti kalender lunar, yang ditentukan dengan pergerakan bulan. Tetapi biasanya tanggal Tahun Baru Imlek berkisar antara 21 Januari sampai 20 Februari.
  • Dianggap sebagai festival musim semi
    Meskipun musim semi belum dimulai, tetapi di Tiongkok imlek identik dengan festival musim semi yang bermakna akhir dari hari-hari terdingin.
  • Hari libur China terpanjang
    Festival musim semi secara teknis diadakan selama 15 hari, tetapi perayaan yang di mulai dari tahun baru menjadikannya genap 16 hari. Biasanya orang-orang di Tiongkok akan menimbun persediaan makanan, minuman, dan persiapan hari raya dari beberapa hari sebelumnya, karena toko-toko akan ikut tutup selama festival musim semi.
  • Dilarang mandi, menyapu, dan membuang sampah
    Mandi, menyapu, dan membuang sampah tidak diperbolehkan karena ada kepercayaan bahwa, kalau kita melakukan hal-hal tadi, kita dapat menghilangkan keberuntungan pada tahun ini.
  • Mendekorasi rumah dengan ornamen-ornamen berwarna merah
    Menurut mitos yang ada, warna merah diartikan sebagai keberuntungan, kekuatan, dan senjata untuk melawan hal-hal buruk.

Dalam astrologi China, dilansir dari wowstrology.com, tahun kerbau logam merupakan tahu yang tak mudah, tahun ini merupakan tahun pemulihan setelah tahun tikus pada 2020 lalu.

Kerbau logam bermakna hewan yang kuat dan tangguh, karena kerbau biasanya digunakan manusia untuk bekerja keras. Kerbau memiliki sifat yang keras kepala, setia, dan mempunyai tekad untuk menyelesaikan urusan yang sudah dimulai. Makna lain dari kerbau adalah ketabahan, disiplin, dan rapih.

Tahun kerbau logam akan dimulai pada 12 Februari 2021 sampai 31 Januari 2022 dan terjadi setiap 12 tahun sekali.

Shio kerbau beada di posisi kedua setelah tikus dalam astrologi Tionghoa. Shio atau zodiak dalam astrologi Tionghoa terdapat 12 hewan, yakni tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Masih seputar makna kerbau, menurut China Highlights, kerbau mempunyai kepribadian yang rajin, dapat diandalkan, dan memiliki sifat yang jujur. Kerbau juga terkenal dengan ketekunan, ketergantungan, kekuatan, dan tekad.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa wanita yang mempunyai shio kerbau, adalah istri yang tradisional dan setia, serta sangat peduli dengan pendidikan anak-anaknya. Sedangkan, laki-laki yang memiliki shio kerbau memiliki karakteristik patriot, memiliki ambisi dalam hidupnya, mementingkan pekerjaan,  dan dapat memelihara dan mengayomi keluarganya dengan baik.

Karakteristik kerbau juga mempunyai kesabaran dan ambisi yang tinggi, sehingga tidak banyak dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungannya. Kerbau juga mempunyai perencanaan yang matang sebelum mengambil tindakan apa pun, oleh karena itu orang-orang yang memiliki shio kerbau sering memiliki takdir kesuksesan besar.

Perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya akan dirayakan dengan meriah, namun mengingat situasi pandemi Covid-19 ini, sedih rasanya harus terpaksa dirayakan dengan sederhana. Meskipun demikian bukan berarti perayaan yang sederhana tersebut menghilangkan makna dari Tahun Baru Imlek. Tahun Baru Imlek berlambang kerbau logam pada tahun ini, memiliki banyak makna yang sangat bagus. Jadikan makna tersebut sebagai motivasi kita dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

(Leonardus Evan/AJ)

Leave a Reply

Top