Anda di sini
Beranda > Artikel > Selamat Hari Ibu, Bahagia Selalu

Selamat Hari Ibu, Bahagia Selalu

Waaahh.. sudah  22 Desember nih teman-teman. Ada apa ya, siapa yang tahu? Yap, hari ini kita merayakan Hari Ibu loh! Kalian tau gak, kenapa diperingati sebagai hari ibu? Yuk simak artikelnya sampai habis!

Perjuangan Para Ibu

Sumpah Pemuda dan lagu Indonesia Raya yang pada 28 Oktober 1928 digelorakan dalam Kongres Pemuda Indonesia, membuat pimpinan perkumpulan kaum perempuan mempersatukan diri. Atas upaya dari para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan pada 22-25 Desember 1928 diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama di Yogyakarta. Keputusannya ialah dibentuknya organisasi dengan nama Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI).

Pada 1929, PPPI berganti nama menjadi Perikatan Perkumpulan Istri Indonesia (PPII). Pada 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta yang berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia yang juga menetapkan Perempan Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang memiliki kewajiban untuk mendidik generasi baru.

Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung pada 1938,  menyatakan 22 Desember sebagai Hari Ibu yang selanjutnya dikukuhkan oleh Pemerintah dengan keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 yang menetapkan Hari Ibu merupakan hari nasional bukan hari libur.

Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara

Di Indonesia sendiri, umumnya kita merayakan hari ibu dengan cara memberi ucapan selamat hari ibu dan memberi hadiah seperti bunga, coklat, ataupun barang-barang yang diartikan sebagai penghargaan bagi ibu.

Bagaimana di negara lain yaa??

Meskipun tidak memperingati Hari Ibu yang bersamaan dengan Indonesia pada 22 Desember, negara-negara lain juga memiliki waktu tersendiri dalam memperingati Hari Ibu loh!

Masyarakat Jepang merayakan Hari Ibu setiap 10 Mei yang diberi nama Haha no Hi. Pada acara tersebut anak-anak serta keluarga memberikan hadiah bunga untuk ibunya, bunga yang diberikan adalah bunga anyelir yang melambangkan sikap baik dan ketulusan dari seorang ibu.

Di Inggris, perayaan Hari Ibu dikenal dengan sebutan Mothering Sunday yang merupakan acara pergi ke gereja bersama untuk menghormati Bunda Maria yang diperingati setiap minggu ketiga sebelum Hari Raya Paskah. 

Selanjutnya, di Meksiko dikenal dengan nama La Dia de la Madre yang diperingati setiap 10 Mei. Orang-orang di Meksiko biasanya membuat hiasan bunga dan diiringi dengan alunan music dari group khas Meksiko yaitu Mariachi.

Hari Ibu di Prancis dikenal dengan sebutan Fetes des Meres yang diperingati setiap Minggu keempat Mei. Pada perayaan ini, anak-anak dan keluarga memberikan bunga dan kartu ucapan, serta diadakan makan malam bersama keluarga.

Nah, itulah peringatan Hari Ibu yang dirayakan di berbagai negara, sangat unik yaa! Peringatan Hari Ibu adalah bukti kebangkitan bagi kaum perempuan. Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tercermin pada lambang Hari Ibu.

Yuk beri ucapan Selamat Hari Ibu untuk ibu kita masing-masing. Jangan malu dan jangan ragu untuk mengucapkannya, tidak perlu dengan hadiah atau barang yang mewah, karena ucapan yang tulus dari kita saja pasti akan membuat ibu bahagia.

‘Ibu, terima kasih untuk segalanya yang telah kau berikan. Mungkin diri ini belum bisa menunjukkan seberapa sayangku pada Ibu, tapi ibu perlu tahu bahwa aku sangat menyayangi ibu! Selamat Hari Ibu, bu. Tetap bahagia selalu!’

(Gabriella Evangeline/AJ)

Leave a Reply

Top