Anda di sini
Beranda > Pastoral > Kunjungan DPP Menyapa Akar Rumput

Kunjungan DPP Menyapa Akar Rumput

[VILLA DUTA] Sempat direncanakan di awal masa kepengurusan Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan Dewan Keuangan Paroki (DKP) 2016 lalu, akhirnya DPP/DKP melakukan kunjungan pertamanya ke Wilayah Gabriel Malaikat Agung (GMA), Sabtu (18/3) sore. Sekitar 30 orang hadir dalam audiensi yang bertempat di salah satu rumah umat di Perumahan Villa Duta, Baranangsiang, Kota Bogor itu.

“Kunjungan ini adalah salah satu sarana untuk lebih dekat dengan umat. Kami ingin tahu masukan, kritik, ataupun saran langsung dari grass root,” kata Ketua DPP, DKP, sekaligus Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo. Selain itu, dalam kunjungan ini DPP/DKP juga menyosialisasikan program seksi, paroki, dan kebijakan pastoral yang telah digodok sebelumnya oleh DPP dan DKP.

Selain menyerap aspirasi, Romo Tukiyo berharap pertemuan ini dapat membagun semangat kekeluargaan dan persaudaraan di wilayah dan lingkungan. “Saya berharap DPP, DKP, dan umat di wilayah dan lingkungan dapat bersinergi untuk mewujudkan pelayanan pastoral di paroki ini,” jelasnya.

Ketua Wilayah Priscia memaparkan program-progam di GMA. Foto: Luki Karim

Selanjutnya, Artanto selaku Koordinator Wilayah menjelaskan dasar-dasar pengambilan kebijakan pastoral dan Sekretaris DPP Yana memaparkan program-program visioner dari 14 seksi di Paroki Katedral. “Program yang tahun ini disusun adalah kesinambungan dari program 2017. Dalam pembuatan program kami juga mengacu pada buku biru yang berisi road map atau 5 pilar kebijakan pastoral yang ada di Keuskupan Bogor,” tutur Artanto.

Lebih lanjut ia mengungkapkan permasalahan regenerasi yang pasti juga menjadi masalah di tingkat wilayah dan lingkungan. “Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami telah membuat tim kecil untuk mengadakan pelatihan berjenjang yang akan diikuti oleh calon-calon pengganti kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Wilayah GMA Priscia memaparkan pencapaian serta program wilayah ke depan. “Yang terbaru adalah pertemuan Bina Iman Remaja (BIR) lingkungan Santo Yohanes Salib pada Sabtu (10/3) lalu.  Tahun ini selain mengikuti program paroki kami juga akan mengadakan beberapa kegiatan di GMA yakni misa lansia, sosialisasi sakramen penyembuhan, retret Tubuh dan Darah Kristus, dan berbagai kegiatan lainnya,” paparnya.

Setelah selesai memaparkan program di paroki dan wilayah kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan snack sore bersama. Tanya jawab seputar credit union, kardiwilasa, sosialisasi program, dan Manajemen Sistem Informasi (MSI) yang masih memiliki perbedaan data digital dengan data fisiknya.

(John)

Leave a Reply

Top