Anda di sini
Beranda > Nusantara > Pertama Kali! Presiden Jokowi Kunjungi Gereja Katedral Bogor

Pertama Kali! Presiden Jokowi Kunjungi Gereja Katedral Bogor

[BOGOR] Ada yang tak biasa dari perayaan ekaristi Natal pagi pukul 08.30 WIB. Pengamanan lebih ketat dari biasanya, setiap umat yang masuk diperiksa lebih serius dengan berbagai peralatan untuk mendeteksi bahan berbahaya. Belasan orang dengan badan tegap dan kokoh berbaris sembari menyisir area gereja Katedral Bogor. Sebagian mengenakan pin bertuliskan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden).

Ternyata Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dikabarkan akan mengunjungi Gereja Katedral Bogor dan ini adalah yang pertama kalinya.

Sekitar pukul 09.15 WIB jalanan mulai sepi dan mobil berplat RI 1 datang diikuti pengamanan super ketat. Dengan busana batik Presiden Jokowi turun dari mobil disambut oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor RD Yohanes Suparta dan Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Paulus Haruna. Disambut lambaian tangan ratusan umat yang tengah beribadah, Presiden Jokowi masuk ke gedung pastoran untuk bersilaturahmi.

Presiden Jokowi menyapa umat pada Perayaan Natal di Gereja Katedral Bogor, Minggu (25/12/22). Foto: Leonardus Evan

Hadiah Natal untuk Umat

Walaupun dengan pengamanan yang ketat, seperti biasanya Jokowi tetap ingin hadir dan menyapa rakyatnya yang ada di Gereja BMV Katedral Bogor. Pada saat pengumuman gereja, Jokowi diajak masuk ke dalam Gereja untuk menyapa seluruh umat.

“Mari kita berikan tepuk tangan yang meriah untuk Presiden kita Bapak Jokowi,” ucap Pastor Haruna di mimbar gereja.

Ia merasa kehadiran Presiden Jokowi adalah hadiah Natal yang indah untuk umat di Paroki Katedral. “Walaupun singkat, kehadiran Presiden Jokowi bersama Bapak Wali Kota Bogor Bima Arya adalah hadiah Natal yang luar biasa untuk kita semua. Ini adalah kali pertama Presiden Jokowi masuk ke Gereja Katedral Bogor,” lanjut Pastor Haruna diikuti riuh tepuk tangan seluruh umat.

Jokowi juga diberikan kesempatan untuk menyapa umat melalui mimbar oleh Pastor Suparta. “Silakan pak jika ingin menyapa para umat,” bisik Pastor Suparta kepada Presiden Jokowi.

Kemudian, Presiden Jokowi memberikan pesan perdamaian dan cinta tanah air kepada umat di Paroki Katedral Bogor. “Saya melihat bapak dan ibu senang, bahagia, dan damai menyambut Natal tahun ini. Mari kita bersama-sama terus mempererat tali persaudaraan, memperkuat kerukunan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI, red). Sekali lagi saya ucapkan selamat Natal dan selamat menyambut tahun baru 2023, semoga Tuhan memberkati kita semuanya,” tutup Jokowi diikuti ucapan terima kasih.

Menutup kunjungannya lagi-lagi Presiden Jokowi menyambangi umat sepanjang perjalanan menuju pintu keluar. Sesekali ia juga melayani foto bersama untuk berbagi sukacita pada perayaan Natal tahun ini.

Penulis: Aloisius Johnsis | Editor: Aloisius Johnsis

Leave a Reply

Top