Anda di sini
Beranda > Sajian Utama > OMK Bernyanyilah

OMK Bernyanyilah

Liturgi sebagai jantung dari Gereja Katolik Roma sering kali kurang diperhatikan oleh orang muda Katolik (OMK). Pada realitanya jarang sekali OMK mau berpartisipasi dalam berliturgi, tugas sederhana seperti menjadi tata tertib kolektan (TTK) atau bergabung dalam paduan suara kurang mendapat perhatian dari OMK. Namun sebaliknya, jika kegiatan bernafaskan olahraga, seni, dan kemping peminatnya jauh lebih banyak.

Tahun ini, Seksi Liturgi Paroki BMV Katedral Bogor memberi gebrakan khususnya dalam pendampingan kaum muda di bidang liturgi. Jika sesuai rencana, mereka akan menjadwalkan Kor OMK Paroki dan Wilayah untuk bertugas pada Malam Paskah (Vigili Paskah) dan Hari Raya Paskah. Kepercayaan ini tidak main-main karena Paskah merupakan momen yang cukup penting dalam hidup beriman orang Katolik.

Kepercayaan ini bukan tanpa alasan, keprihatinan akan penerus gereja di bidang liturgi menjadi salah satu landasan kebijakan tersebut. “OMK itu penerus gereja, bukan hanya untuk hari esok tapi juga hari ini. Kami ingin OMK juga berliturgi dengan baik, kami melihat ada potensi dari kor OMK baik di paroki maupun wilayah untuk berkembang. Maka kami memberikan kepercayaan ini, jika bukan sekarang kapan lagi?” kata Ketua Seksi Liturgi Paroki BMV Katedral Bogor Wiyogo.

Lebih lanjut ia berharap agar OMK tidak takut untuk berliturgi dengan baik karena ke depan OMK juga yang akan melanjutkan apa yang ada sekarang. “Yang penting rutin untuk berlatih rutin untuk bertugas, maka Kor OMK akan setara dengan kor-kor orang dewasa. Tugas jam berapa pun, misa apapun sama saja, karena kita bernyanyi untuk Allah,” tuturnya.

Berbagai kor yang akan bertugas yakni OMK Bartholomeus (Malam Paskah I), OMK Mikael Malaikat Agung (Malam Paskah II), OMK Hieronimus (Hari Raya Paskah 07.00 WIB), OMK Paroki BMV Katedral (Hari Raya Paskah 09.00 WIB), OMK Ciomas II (Hari Raya Paskah 11.00 WIB), OMK Gabriel Malaikat Agung (Hari Raya Paskah 17.00 WIB). Semoga semakin banyak OMK yang peduli terhadap liturgi gereja karena suka atau tidak suka, OMK yang akan meneruskan ini semua. OMK Bernyanyilah!

(John)

Leave a Reply

Top