Anda di sini
Beranda > Artikel > Keberagaman adalah Tantangan

Keberagaman adalah Tantangan

Setiap 1 Juni masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Terkhusus mulai tahun ini oleh Presiden Joko Widodo hari Lahir Pacasila dijadikan hari libur Nasional. Apakah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila masih relevan untuk masyarakat saat ini?

Menurut  Ketua orang muda Katolik (OMK) St. Hieronius Jalan Baru Eduardus Yudhi Yogaswara nilai-nilai Pancasila masih cocok dan sesuai dengan kondisi Bangsa Indonesia. “Tentu masih relevan, Pancasila sebagai ideologi bangsa sampai saat ini masih dapat menjembatani keanekaragaman yang ada di Indonesia. Hal tersebut meliputi suku, ras, agama, dan budaya,” katanya.

Di Kota Bogor sendiri potensi intoleran sebenarnya ada, namun berbagai pihak berusaha menanggulanginya dengan kegiatan-kegiatan benafas toleransi dan kerukunan. “Intoleransi tetap ada, tapi Kota Bogor punya beragam organisasi lintas iman yang peduli terhadap hal itu seperti Badan Sosial Lintas Agama (Basolia). Mereka seringkali bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk menggelar kegiatan toleransi dan kebangsaan. Seperti saat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei lalu, ada Deklarasi Damai dan Hari Lahir Pancasila pada 1 juni, ada Ngabuburit Kebangsaan,” kata Edo sapaan akrabnya.

Ia pun berharap agar keberagaman di Indonesia dapat dijadikan tantangan ke depan untuk membangun bangsa ini. “Keberagaman adalah sebuah keniscayaan, yang terpenting bukan menyamakan, tapi berjalan bersama untuk membangun bangsa ini,” pungkasnya.

(John)

Leave a Reply

Top