Anda di sini
Beranda > Pastoral > Uskup Bogor Minta Umat Hidup dalam Kebenaran

Uskup Bogor Minta Umat Hidup dalam Kebenaran

33 Orang Terima Sakramen Krisma

[KATEDRAL] Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM meminta agar umat hidup dalam kebenaran. Hal tersebut dapat terjadi bila seseorang hidup menurut keinginan roh, dan bukan keinginan daging. “Untuk bisa hidup dalam kebenaran, kita harus menuruti Roh Kudus yang dicurahkan Tuhan bagi kita. Roh Kudus akan membuat kita menjadi sabar, penuh kasih, lemah lembut, mampu menguasai diri, setia, dan seterusnya seperti buah-buah roh. Sementara kedagingan membuat seseorang hidup dalam amarah, percabulan, kedengkian, hawa nafsu, perseturuan, percekcokan dan seterusnya yang sifatnya negatif. Jika kita ingin hidup dalam kebenaran maka kita harus bersedia dibimbing oleh Tuhan,” papar Uskup dalam Misa Kudus yang berlangsung di Gereja Katedral Bogor, Minggu (20/5) siang.

Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM memimpin Misa Kudus sekaligus memberikan sakramen krisma di Gereja Katedral Bogor, Minggu (20/5). Foto: Luki Karim

Misa tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Pentakosta dimana 33 orang menerima sakramen krisma (Penguatan). Uskup mengingatkan akan pencurahan Roh Kudus yang dijanjikan oleh Tuhan Yesus untuk menguatkan iman para rasul. “Bertepatan dengan perayaan Hari Pentakosta, Tuhan sendiri telah mencurahkan Roh Kudus pada para rasul. Roh Kudus itu juga tercurah pada kita, dan terutama kepada umat yang menerima sakramen krisma hari ini. Semoga Roh Kudus membuat iman kita semakin dikuatkan,” ujarnya.

Menurut Uskup, spiritualitas Roh Kudus bisa terlihat dari karya dan perbuatan seseorang. “Spritualitas Roh Kudus itu juga terlihat dari bagaimana kontribusi seseorang untuk keluarga, lingkungan, paroki, keuskupan, masyarakat, dan bangsa ini. Karena itu berikanlah kontribusi yang mampu membangun lingkungan di sekitar kita,” pintanya.

Misa tersebut dipersembahkan oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM didampingi Pastor Paroki Katedral Bogor RD. Dominikus Savio Tukiyo, Pastor Vikariat RD. Paulus Pieter, dan Diakon Dion Manopo. “Saya ucapkan selamat kepada umat yang menerima sakramen krisma hari ini. Anda telah mendapatkan kepenuhan inisiasi sebagai anggota Gereja sekaligus sebagai umat Allah. Roh Kudus akan bekerja bila anda terbuka dan mau dibimbing oleh Tuhan. Karena hanya dengan cara itu hidup kita akan berubah menjadi lebih baik,“ ujar Romo Tukiyo.

(Jam)

Leave a Reply

Top