Anda di sini
Beranda > Nusantara > Website Katedral Bogor Best of The Best INMI Awards 2018

Website Katedral Bogor Best of The Best INMI Awards 2018

[KATEDRAL] Kabar sukacita layak disyukuri oleh Paroki Katedral Bogor. Pasalnya, website www.bmvkatedralbogor.org dinobatkan menjadi website terbaik (best of the best) pilihan Inter Mirifica (INMI) Awards 2018 Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Selain meraih piala dan piagam best of the best, website Katedral yang dikelola oleh Komsos Paroki tersebut juga menggenggam piala dan piagam lewat nominasi berita website terbaik berjudul “Mgr. Paskalis: Menjadi Manusia Paskah yang Indonesia”.

Tidak hanya itu, anugerah piagam penghargaan juga didapat melalui Nominasi Penyajian Informasi Terlengkap Website Paroki Terbaik, Nominasi Renungan Website Paroki Terbaik melalui tulisan “Tanpa Salib Tidak Ada Kebangkitan”, dan Nominasi Feature Website Paroki Terbaik melalui tulisan “Setiap Kali Nonton Passion of The Christ Air Mata Selalu Menitik”. Total, website www.bmvkatedralbogor.org mendapatkan 2 piala dan 5 piagam penghargaan.

Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo menggenggam piala INMI Awards 2018. Foto: Natasya Isabella

INMI Awards sendiri merupakan anugerah bergengsi insan pers Gereja Katolik Indonesia yang diikuti oleh berbagai paroki, dekanat, dan keuskupan di Pulau Jawa. Tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Komsos ke-52 Sedunia, malam anugerah INMI Awards bersama Hidup Awards digelar di Aula Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (13/5). Ratusan pegiat Komsos hadir, berkumpul bersama menyaksikan pengumuman pemenang dari berbagai nominasi baik dimedia cetak ataupun daring (online).

Piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Uskup Agung KAJ Monsinyur Ignatius Suharyo kepada perwakilan Komsos Aloisius Johnsis. “Tidak pernah terpikirkan dapat meraih penghargaan bergengsi seperti ini. Namun, kami percaya penghargaan ini akan menjadi pacuan untuk kita semua agar terus mengembangkan media parokinya melalui jurnalisme perdamaian,” kata Aloisius Johnsis yang saat itu hadir bersama pengurus Komsos lainnya Luki Karim.

Ucapan syukur pun dihaturkan Pastor Paroki Katedral RD Dominikus Savio Tukiyo. Ditemui di ruang kerjanya, Pastoran Katedral Bogor, Selasa (15/5), Romo Tukiyo memberikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus Komsos atas pencapaian ini. “Saya ucapkan proficiat, selamat untuk seluruh pengurus Komsos. Penghargaan ini merupakan hal yang membanggakan, namun ini juga merupakan tantangan bagi Komsos untuk terus mewartakan kabar baik guna menumbuhkan iman umat seperti yang diharapkan Paus Fransiskus,” ujar Romo Tukiyo.

Dia mengatakan, saat ini website memang merupakan sarana komunikasi modern dimana dengan gawai (gadget), orang lebih mudah mengakses informasi. “Ada umat yang lebih suka menggunakan gadget untuk mengakses informasi. Ada pula yang lebih memilih media cetak untuk membaca informasi. Namun apapun pilihannya, informasi itu sejatinya dapat menumbuhkan iman umat,” katanya.

Ketua Seksi Komsos Paroki Katedral Bogor Bernadus Wijayaka menambahkan, penghargaan tersebut akan memicu semangat timnya untuk bisa meningkatkan produktivitas. “Kami bersyukur atas anugerah ini. Padahal website sendiri baru tiga tahun lalu kami tangani. Tidak bisa dipungkiri saat ini adalah era digital, karenanya kecepatan dan keakuratan dalam menayangkan berita menjadi kunci keberhasilan website,” ujarnya.

Komsos Paroki Katedral selain mengelola website, juga menangani majalah Berita Umat yang dirintis sejak 1967 Berita Umat terbit sebulan sekali. Dengan jumlah pengurus 16 orang, Komsos juga menangani siaran mimbar agama Katolik di RRI Bogor setiap Rabu pukul 16.30 WIB-17.00 WIB, dan mengelola sejumlah akun media sosial bernama Berita Umat baik di Facebook maupun Instagram.

(Jam)

Leave a Reply

Top