Anda di sini
Beranda > Tentang Kami

Selayang Pandang Seksi Komsos

Logo Seksi Komsos BMV Katedral.

Komunikasi Sosial atau yang biasa disebut Komsos di Paroki BMV Katedral Bogor adalah sebuah seksi yang termasuk dalam kepengurusan Dewan Pastoral Paroki (DPP) yang mempunyai tugas untuk menangani berbagai media komunikasi sosial baik secara konvensional maupun digital. Komsos juga bertugas untuk memfasilitasi umat dalam memberikan informasi mengenai kegiatan hidup menggereja dan bermasyarakat serta menjalin komunikasi antarumat. Komsos di Paroki BMV Katedral telah berdiri sejak 50 tahun silam tepatnya pada Oktober 1967.

Logo Majalah Berita Umat.

Berdirinya Komsos tidak lepas dari penerbitan Majalah Berita Umat edisi pertama pada 1 Oktober 1967 silam. Pada waktu itu Berita Umat masih dalam bentuk buletin yang distensil. Proses panjang yang dilalui majalah Berita Umat selama puluhan tahun membuahkan hasil hingga masih dapat eksis di tengah umat hingga kini.

Saat ini Komsos mengelola 4 media komunikasi yang digunakan untuk pewartaan, sosialisasi kebijakan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan informasi seputar hidup menggereja dan bermasyarakat.

  • Pertama, adalah media cetak yaitu Majalah Berita Umat yang terbit secara konsisten setiap bulan di minggu ke-2, saat ini Berita Umat memiliki oplah 2.500 exemplar. Berita Umat adalah produk pertama dari Seksi Komsos yang terbit pada Oktober 1967.
  • Kedua, siaran mimbar agama Katolik setiap minggu yang bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) cabang Kota Bogor 93.73 FM /12.42 AM dengan jadwal setiap hari Rabu pk. 16.30-17.00 WIB. Siaran mimbar agama Katolik dimulai sejak 1999.
  • Ketiga, adalah media digital (online/daring) yaitu website Paroki BMV Katedral Bogor dengan alamat bmvkatedralbogor.org yang sejak hadir dalam jaringan internet pada 3 Desember 2014 dikelola oleh Menejemen Sistem Informasi (MSI) Paroki BMV Katedral. Sejak awal 2016 pengelolaan website secara bertahap dialihkan kepada seksi Komsos. Saat ini seluruh kendali website telah dikelola oleh Seksi Komsos.
  • Keempat, media sosial dalam bentuk akun Instagram, Youtube, Fanpage Facebook. Media sosial yang terdiri dari berbagai platform ini dibuat sekitar Mei 2017. Media sosial ini berisi karya dalam bentuk tulisan, foto, dan video (audio visual).

(Redaksi)

Top