Anda di sini
Beranda > Artikel > Simbol Gereja yang Berdoa

Simbol Gereja yang Berdoa

Dalam memperingati Hari Arwah semua orang beriman yang diperingati pada 2 November setiap tahunnya, Paroki Katedral Bogor mengadakan perayaan Ekaristi. Perayaan Ekaristi ini dimaksudkan agar semua orang beriman yang masih hidup mendoakan saudara-saudari mereka yang telah meninggal guna mendapatkan indulgensi.

Pastor Vikaris Paroki BMV Katedral Bogor RD Piter menjelaskan beberapa hal penting yang dapat dilakukan umat saat memperingati hari tersebut. Pertama umat harus memiliki niat untuk mendoakan mereka yang telah meninggal. Niat tersebut dapat direalisasikan dengan mengunjungi dan membersihkan makam, merayakan ekaristi, dan mengikuti pengakuan dosa.

“Selain merayakan ekaristi, dengan menabur bunga di makam berarti kita melakukan sesuatu bagi mereka yang telah meninggal, maka keduanya menjadi penting,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, memperingati peristiwa tersebut adalah gambaran dari gereja yang sedang berdoa. “Dimana melalui Perayaan Ekaristi kita berdoa agar semua orang beriman yang sudah meninggal, di mana pun dan kapan pun, diantar kepada kemuliaan Tuhan yang sudah bangkit,” ungkap pastor yang juga menjabat sebagai Vikaris Komisi Kemahasiswaan itu.

(John)

Leave a Reply

Top