Anda di sini
Beranda > Lingkungan/Wilayah > Romo Bartho: Bertobatlah dan Kembali ke Masyarakat

Romo Bartho: Bertobatlah dan Kembali ke Masyarakat

OMK Hieronimus Kunjungi Lapas

[CIBINONG] Orang muda Katolik (OMK) Wilayah St. Hieronimus Paroki BMV Katedral Bogor mengunjungi Lapas Kelas II A, Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (27/3). Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cibinong ini menaungi 1.400 orang warga binaan. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 orang umat Hieronimus dan 60 orang warga binaan yang beragama kristiani. Kunjungan dimulai pukul 09.00 WIB dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh RP. Bartholomeus Jandu OFM dari Paroki St. Paulus, Depok.

Romo Bartho sapaan akarabnya, berpesan agar para warga binaan tidak terlena oleh suasana lapas yang nyaman. “Teman-teman hanya sementara disini. Tempat kita adalah di dalam masyarakat bersama dengan orang-orang yang kita cintai serta mencintai kita. Orangtua, keluarga, dan anak adalah rumah untuk kita. Oleh karena itu jalanilah proses dalam lapas ini sebaik mungkin agar setelah keluar nanti semuanya dapat menjadi manusia baru yang lebih baik,” katanya.

Ia menambahkan, Masa Prapaskah ini adalah waktu yang tepat untuk bertobat. Ada tiga sifat yang harus diperbaiki. “Pertama yang bersifat fatalistik, seperti menerima apa adanya diri kita tanpa mau berubah. Kedua sikap pragmatis dan ketiga adalah mudah puas diri. Melalui pengorbanan Yesus Kristus mari kita lahir menjadi manusia yang baru,” tutur Romo Bartho.

Kegiatan ini juga diisi dengan bernyanyi bersama, baik dari OMK maupun warga binaan. Semuanya mencair dalam suasana sukacita. Setelah makan siang bersama, kegiatan ditutup dengan pembagian bingkisan untuk warga binaan.

(John)

Leave a Reply

Top