Anda di sini
Beranda > Nusantara > Pemuda Katolik Gelar Kongres Nasional

Pemuda Katolik Gelar Kongres Nasional

[NUSA TENGGARA TIMUR] Pemuda Katolik gelar Kongres Nasional XVII di Hotel Swiss Bell In Kristal Kupang NTT, Jumat (7/12) sampai Minggu (9/12). Kegiatan ini mengangkat tema “Mewujudkan Peran dan Kepemimpinan Pemuda dalam Memajukan Kesejahteraan Umum”. Komda Kupang mendapat kehormatan sebagai Tuan Rumah pelaksanaan Kongres ini.

Kegiatan kongres diikuti oleh 32 unsur Komda (Komisariat Daerah) dari tiap propinsi dan ratusan unsur Komcab (komisariat Cabang) di seluruh wilayah Indonesia.  Hadir ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Komcab Kota Bogor diwakili oleh Ketua Komcab Robertus Gatot Arianto dan Sekretaris Komcab Antonius Lisliyanto.

“Agenda utama kegiatan kongres yakni mengevaluasi program dan kinerja pengurus, merumuskan program dan kebijakan Pemuda Katolik serta memilih ketua umum Pemuda Katolik yang baru,” tegas Ketua OC Kongres Theodora Ewalde Taek.

Kongres Nasional XVII Pemuda Katolik dibuka oleh Wakil Gubernur NTT Josep Nai Soi dan diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang. Sejumlah tokoh hadir pada acara pembukaan tersebut, antara lain Anggota DPR RI Herman Heri dan Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno.

Membangun Gereja dan Tanah Air

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya melalui video yang ditayangkan sebelum acara pembukaan kongres mengatakan, “Saya Percaya, Pemuda Katolik adalah generasi emas yang berkarakter”.

Ketua (kanan) dan Sekretaris (kiri) Pemuda Katolik Komcab Kota Bogor bersama Ketua Umum terpilih periode 2019 – 2021 PP Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa. Foto: Istimewa

Komisariat Daerah Jawa Barat sebagai salah satu kontingen kongres melalui Ketua Komda Jawa Barat Frederikus Lusti Tulis mengatakan bahwa Pemuda Katolik adalah organisasi pengkaderan dalam lingkup para Pemuda Katolik di seluruh Indonesia. Karenanya, Tugas utama Pemuda Katolik adalah turut mempersiapkan sumber daya manusia yang akan ikut membangun gereja dan tanah air.

Selain telah memilih kembali dr. Karolin Margret Natasase bagai Ketua Umum Pemuda Katolik untuk kedua kalinya. Kongres Pemuda Katolik juga merekomendasikan agar pengurus pusat juga pengurus Pemuda Katolik di daerah mendorong para kader untuk berkiprah di tengah masyarakat.

Kembali terpilihnya dr. Karolin dalam kongres merupakan harapan dari seluruh anggota Pemuda Katolik di Indonesia untuk membawa dan membangun kekuatan barisan Pemuda Katolik untuk turut serta membangun Indonesia.

Robertus Gatot Arianto Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Bogor mengatakan, “sosok dr. Karoline saat ini dibutuhkan dalam kepengurusan Pusat Pemuda Katolik karena di bawah tangan dinginnya sudah banyak terbentuk komda-komda di tiap propinsi dan komcab-komcab di tingkat kabupaten/kota. Di bawah kepemimpinan dr. Karolin Organisasi Pemuda Katolik akan lebih maju lagi dan semakin banyak tumbuh kader-kader yang militan”.

Kongres Nasional ditutup dengan misa syukur yang dipersembahkan oleh Bapa Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang.

-Pro Ecclesia et Patria – Pro Bono Publico-

(Antonius Lisliyanto/John)

Leave a Reply

Top