Anda di sini
Beranda > Artikel > Partisipasi Umat Katolik dalam Bermasyarakat Cukup Tinggi

Partisipasi Umat Katolik dalam Bermasyarakat Cukup Tinggi

Partisipasi umat Katolik dalam bermasyarakat, khususnya dalam membangun Kota Bogor cukup tinggi.  Berita Umat mencatat sejumlah even dalam rangka membangun Bogor yang lebih baik cukup banyak dilakukan umat Katolik, baik secara kelembagaan gereja maupun secara organisasi non-gereja. Ambil misal, gerakan cinta lingkungan hidup yang melibatkan Lions Club Bogor beberapa waktu lalu. Sejumlah umat Katolik yang tergabung dalam Lions Club Bogor seperti Bea Sjahli, Tanti S, Enny, dan Lely Kusumo ambil bagian pada program penghijauan baik di Kota maupun di Kabupaten Bogor. Acara yang dihelat di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua misalnya, Lions Club juga menghadirkan Monsinyur Paskalis Bruno Syukur OFM yang memiliki peran sentral saat acara yang dihadiri tokoh-tokoh masyarakat itu.  Monsinyur bahkan didaulat oleh Direktur TSI, Frans Manansang untuk memberi kata sambutan dan doa bagi keberlangsungan laingkungan flora dan fauna, dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat alam.

Tak hanya Lions Club, Orang Muda Katolik (OMK) Katedral Bogor pun terlibat dalam acara pesta budaya yang digelar pengurus Vihara Dhanagun menjelang Hari Raya Imlek beberapa waktu lalu. Sejumlah pengurus OMK menymbangkan lagu, selain juga ikut andil dalam acara bersih-bersih Kota Bogor. Sementara itu umat Katolik lainnya memiliki konstribusi yang cukup tinggi dalam program Badan Sosial Lintas Agama (BASOLIA). Mereka berbaur dengan umat lintas agama lainnya melakukan bakti sosial di bidang kesehatan, dan kebersihan. “Sebagai bagian dari warga Bogor, kita terpanggil untuk memberikan konstribusi bagi pembangunan Bogor yang lebih baik,” ujar aktivis BASOLIA, Roy Vincentius.

Apresiasi pun mengalir dari Wali Kota Bogor Bima Arya dan Ketua Umum BASOLIA KH. Zaenal Abidin. “Umat Katolik punya peranan yang besar di BASOLIA. Mereka konsisten bersama-sama dengan umat lintas agama lainnya merealisasikan berbagai program untuk membangun masyarakat di Bogor. Kehadiran mereka sangat membantu dan dapat menjadi contoh bagi umat lain,” puji Zaenal.

(Ign Herjanjam)

Leave a Reply

Top