Anda di sini
Beranda > Sajian Utama > Mgr. Paskalis: Tolong Doakan Kami Supaya Rajin Berdoa

Mgr. Paskalis: Tolong Doakan Kami Supaya Rajin Berdoa

[KATEDRAL] 80 imam baik tarekat maupun diosesan serta ratusan umat hadir dalam misa pemberkatan minyak katekumen, krisma, dan pengurapan orang sakit. Dalam kesempatan ini uskup dan para imam yang hadir juga akan memperbarui janji tahbisan mereka di hadapan gereja dan umat Allah. “Tolong doakan kami agar rajin berdoa. Kemudian kita berdoa bersama dan saling mendoakan,” pinta Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur kepada umat dalam Misa Minyak Keuskupan Bogor di Gereja BMV Katedral, Selasa (27/3) pagi.

Bapa uskup juga mengingatkan agar para imam dapat memiliki hidup doa yang baik, khususnya berdoa bersama. “Berdoa bersama adalah salah satu komitmen uskup dan para imam dalam janji tahbisan. Namun, saya melihat beberapa imam masih belum melaksanakan doa bersama ini salah satunya adalah brevir pagi.  Di meja makan ada, namun ketika berdoa bersama tidak ada entah kemana,” ungkap Monsinyur Paskalis disambut tawa umat yang hadir.

Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur didampingi Vikaris Jendral Keuskupan Bogor RD Ch Tri Harsono dan Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo memberkati minyak yang akan digunakan untuk pelayanan sakramen di Keuskupan Bogor. Foto: Aloisius Johnsis

Monsinyur menjelaskan jabatan gerejawi yang diterimanya melalui tahbisan adalah bukti kebaikan Allah. Para imam Allah ini memiliki tugas memimpin, mengajar, dan menguduskan umat. “Tuhan mengutus kita dengan jelas untuk menjadi gembala untuk dombanya dan imam untuk Gerejanya. Baik religius maupun projo semua sama, semartabat dalam konteks imam Allah,” jelasnya.

Ia mengajak para imam untuk keluar dari zona nyaman dan melayani di manapun. “Mungkin ada imam yang ingin hidup santai-santai saja. Namun, saya mengajak anda sekalian untuk keluar dari zona nyaman dan pergi membangun dunia. Secara internal rumah adalah keuskupan kita yang terdiri dari paroki-paroki. Keuskupan Bogor juga mengutus beberapa imam untuk berkarya di keuskupan lain mereka melayani saudara-saudari kita yang masih kesulitan mendapatkan pelayanan,” papar monsiyur.

Di akhir, bapa uskup mengucapkan terima kasih kepada umat yang hadir dan mengapresiasi paroki-paroki yang telah menyediakan kapel adorasi untuk umat berdoa. “Terima kasih kepada seluruh umat, kehadiran anda meneguhkan kami. Dan saya sangat senang, hampir setiap paroki di keuskupan ini membangun dan menyediakan kapel adorasi untuk umat berdoa,” pungkasnya.

Misa yang dipimpin dengan konselebran Vikaris Jendral Keuskupan Bogor RD Ch Tri Harsono dan Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo ini ditutup dengan ramah tamah para imam di ruang seksi Paroki BMV Katedral Bogor.

(John)

Leave a Reply

Top