Anda di sini
Beranda > Kategorial > Mengubah Cinta dan Kasih Menjadi Kata Kerja
91 views

Mengubah Cinta dan Kasih Menjadi Kata Kerja

[KATEDRAL] Cinta dan kasih tidak akan pernah bermakna jika hanya menjadi kata benda, maka ubahlah menjadi kata kerja agar semua orang dapat merasakan cinta dan kasih yang kita miliki. Demikian dikatakan RD Mikael Endro Susanto dalam Pesta Kerahiman Ilahi di Gereja BMV Katedral Bogor, Minggu (8/4) siang.

Perayaan yang dipimpin oleh Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur dengan konselebran RD Mikael Endro Susanto dan RD Marselinus Wisnu Wardhana ini dihadiri ratusan umat yang membawa gambar kerahiman ilahi. Di awal perayaan, komunitas kerahiman ilahi (KKI) membawa dan mengarak gambar kerahiman ilahi untuk ditahtakan bersama dengan gambar Santa Faustina Kowalska dan Santo Paus Yohanes Paulus II.

Pentahtaan lukisan kerahiman ilahi. Foto: Aloisius Johnsis

Devosi Kerahiman Ilahi adalah salah satu bentuk doa yang digagas oleh St. Faustina dan dilanjutkan oleh St. Paus Yohanes Paulus II. Devosi ini merupakan permintaan Yesus kepada St. Faustina. Fokus utama dari devosi ini ialah cinta dan belas kasih Allah, dan diperingati secara khusus pada Minggu setelah hari raya Paskah.

Lebih lanjut Romo Endro menegaskan bahwa Pesta Kerahiman Ilahi bukan hanya milik para devosan (orang-orang yang secara khusus berdevosi) kerahiman ilahi namun milik seluruh umat beriman. “Mari kita meneruskan salah satu warisan gereja yang berharga ini. Kerahiman ilahi adalah milik kita semua. Kita dapat mulai dengan berdoa novena kerahiman ilahi yang telah di mulai pada Jumat Agung lalu,” katanya.

Menutup kotbahnya Romo Endro mengajak umat yang hadir untuk menjadi tanda kerahiman Allah melalui perbuatan, perkataan, serta doa. “Yesus engkau andalanku, merupakan slogan dari Pesta Kerahiman Ilahi ini, sekarang maukah kita mengandalkan Yesus dan menjadi tanda dari kerahiman Allah kepada sesama?” pungkas Romo Endro.

Dalam perayaan ini Bapa Uskup Mgr. Paskalis juga mereciki umat dan lukisan kerahiman ilahi yang telah dibawa dengan air suci. Perayaan ini diakhiri dengan perarakan sakramen mahakudus.

(John)

Leave a Reply

Top