Anda di sini
Beranda > Artikel > Mengenal Program Komsos Katedral

Mengenal Program Komsos Katedral

Komunikasi Sosial atau Komsos adalah sebuah seksi yang berada di bawah naungan Gereja Paroki Beatae Mariae Virginis ‘BMV’ Katedral Bogor. Seksi Komsos berfungsi untuk memfasilitasi umat dalam memberikan informasi mengenai kegiatan hidup menggereja dan bermasyarakat serta menjalin komunikasi antarumat. Untuk mewujudkan hal tersebut Komsos memiliki tiga produk jurnalistik yakni Majalah Berita Umat, siaran rohani mimbar agama Katolik di Radio Republik Indonesia (RRI) cabang Bogor di saluran 93.73FM/12.42AM setiap hari Rabu pukul 16.30-17.00 WIB, dan website www.bmvkatedralbogor.org.

Berdirinya Komsos tidak lepas dari penerbitan Majalah Berita Umat edisi pertama pada 1 Oktober 1967 silam. Pada waktu itu Berita Umat masih dalam bentuk buletin yang distensil. Proses panjang yang dilalui majalah Berita Umat selama puluhan tahun membuahkan hasil hingga masih dapat eksis di tengah umat hingga kini. Saat ini Berita Umat yang berbentuk majalah terbit setiap bulan dengan oplah 2.600 eksemplar. Barulah pada 1999 hadir siaran rohani mimbar agama Katolik bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) cabang Bogor dan pada 2015 website www.bmvkatedralbogor.org mulai dapat diakses oleh umat melalui jaringan internet.

Komsos menyadari bahwa komunikasi yang sesungguhnya tidak hanya melalui media cetak ataupun digital. Komunikasi sesungguhnya adalah perjumpaan yang nyata antarumat, baik dalam keluarga maupun masyarakat. Oleh karenanya pada 2015 Pengurus Komsos dan Redaksi Majalah Berita Umat merencanakan kegiatan Festival Komsos.

Festival Komsos pertama kali digelar pada Minggu, 9 Agustus 2015. Kegiatan bertajuk “Sukacita Perjumpaan dengan Sesama” ini melibatkan sekitar 1.000 orang dari berbagai kegiatan yakni Pra-Event dalam bentuk lomba fotografi dan lomba membuat buletin yang melibatkan lingkungan, wilayah, dan organisasi kategorial.  Kegiatan Pra-Event dimulai pada Hari Komsos Sedunia ke-49 yang jatuh pada Minggu, 17 Mei 2015.

Berikutnya adalah puncak acara yang dilaksanakan pada Minggu, 9 Agustus 2015. Kegiatan ini terdiri dari Workshop Jurnalistik yang menekankan pada tema Citizen Journalism, materi meliputi penulisan, fotografi, dan ilustrasi. Kemudian untuk menambah meriah kegiatan ini panitia juga menggelar lomba mewarnai, pentasi seni, bazar, dan pameran foto serta kartun. Total kegiatan dalam Festival Komsos 2015 adalah 7 yang terdiri dari 2 kegiatan Pra-Event dan 5 kegiatan puncak acara.

Tujuan sederhana pada kegiatan Seksi Komsos tersebut adalah untuk menyediakan media perjumpaan yang nyata bagi umat Katolik di Paroki BMV Katedral Bogor. Tahun ini dalam rangka HUT ke-50 dari Majalah Berita Umat, Pengurus Komsos dan Redaksi Majalah Berita Umat kembali akan menggelar Festival Komsos dengan beragam kegiatan menarik serta melibatkan lebih banyak orang, tidak hanya umat Katolik namun juga masyarakat Kota Bogor.

Komsos sebagai bagian dari perpanjangan misi Gereja juga ingin berperan aktif untuk memberikan kontribusi nyata di masyarakat. Gereja Katolik Roma sendiri mendorong umat untuk terlibat aktif dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki sikap pluralisme dan toleransi untuk memperkuat kerukunan hidup antarumat beragama. Hal ini tertuang dalam Nostra Aetate salah satu dokumen hasil Konsili Vatikan II yang berisi tentang hubungan antara gereja dengan agama-agama lain diluar kristen. Dalam kaitan tersebut, Komsos mengambil inisiatif untuk menggelar kegiatan yang diharap dapat menjadi wadah perjumpaan dengan masyarakat yang dikemas dalam bentuk Festival Komsos 2017. Acara tersebut juga untuk memperingati 50 tahun berdirinya majalah Berita Umat.

Dengan pagelaran kegiatan Festival Komsos, diharapkan pula akan memperteguh semangat kerukunan antarumat beragama di Kota Bogor sehingga memunculkan rasa semakin saling menghormati dan menghargai perbedaan antarumat beragama, dan saling menghargai perbedaan budaya, lalu menjadikannya sebagai kekayaan Kota Bogor. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan juga Gereja yang kerap menggaungkan pentingnya persatuan dan kesatuan di antara umat beragama.

Mencermati hal tersebut maka tepatlah bila dalam Festival Komsos kali ini panitia mengangkat tema “Berakar dalam Persatuan, Bertumbuh di Tengah Keberagaman”. Dengan tema ini, persatuan dan kesatuan antarumat beragama yang sudah terjalin selama ini di Kota Bogor diharapkan memiliki akar yang kokoh, sehingga tidak mudah goyah oleh hasutan yang ingin memecah belah keharmonisan hidup umat beragama. Pun demikian dengan umat Katolik yang diharap mampu mengambil peran di tengah keberagaman umat beragama di Kota Bogor. Dengan pelibatan masyarakat secara umum, diharapkan umat semakin tergugah dan mau berbaur secara inklusif dengan masyarakat umum, lalu berkontribusi secara aktif dan masif di tengah masyarakat.

Kegiatan Festival Komsos 2017 akan dimulai pada Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-51, Minggu 28 Mei 2017 dengan Pra-Event. Pra-Event meliputi lomba fotografi, lomba buletin, lomba cerpen, dan lomba film pendek. Puncak acara Festival Komsos 2017 akan digelar pada 1 Oktober 2017 bertepatan dengan momen HUT ke-50 majalah Berita Umat. Adapun beragam kegiatan pada puncak acara ini adalah talkshow jurnalistik, lomba mewarnai, bazar, bakti sosial, pameran, dan pentas seni. 

(Seksi Komsos Katedral)

Leave a Reply

Top