Anda di sini
Beranda > Artikel > Mengabdi untuk Gereja dan Tanah Air

Mengabdi untuk Gereja dan Tanah Air

Pro Ecclesia et Patria, untuk Gereja dan Negara. Semboyan tersebut adalah ungkapan yang khas dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI). Semboyan tersebut ingin menunjukkan bahwa rasa cinta terhadap Gereja juga harus diimbangi dengan kecintaan terhadap tanah air.

Menurut salah seorang pegiat pendampingan orang muda di Paroki BMV Katedral Bogor Grace Wiguna, semboyan tersebut seharusnya dijiwai juga bukan hanya oleh mahasiswa tapi semua lapisan umat Katolik. “Kita hidup di bumi Indonesia, minum airnya pakai tanahnya. Kita juga telah memilih untuk mengimani Kristus, oleh karena itu layaklah kita mengabdi kepada Gereja dan Tanah Air tempat kita bernaung,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan sebagai warga gereja yang baik umat harus berpartisipasi aktif dalam hidup menggereja, begitu juga sebagai warga Negara yang baik. “Meneladani ajaran Yesus, aktif dalam berbagai kegiatan di lingkungan, wilayah, dan paroki adalah salah satu cara menjadi warga gereja yang baik. Begitu pun sebagai warga Negara yang baik, kita harus taat hukum serta aktif dalam kegiatan kemasyarakatan agar terjalin hubungan yang baik dan harmonis dalam hidup bermasyarakat,” pungkasnya.

(John)

Leave a Reply

Top