Anda di sini
Beranda > Lingkungan/Wilayah > BIR dan OMK Belajar Meneladani 7 Sikap Bunda Maria

BIR dan OMK Belajar Meneladani 7 Sikap Bunda Maria

Bina Iman Remaja (BIR) bersama orang muda Katolik (OMK) wilayah Mikael Malaikat Agung (MMA) Bogor Timur menggelar ziarek ke Jawa Tengah mulai Rabu (27/6) sampai Senin (2/7). Mereka belajar meneladani 7 sikap Bunda Maria dengan mengunjungi 7 lokasi ziarah yang berbeda. Rombongan yang terdiri dari 21 anak BIR, 8 OMK, dan 1 pengurus wilayah ini mengunjungi Rosa Mystica, Kerep Ambarawa, Sendangsono, Ganjuran, Pantai Sundak, Tritis, dan Kaliori.

Inri Almesa salah satu pendamping menjelaskan, acara ini merupakan kegiatan khusus tahunan yang rutin diadakan. “2016 kami membuat Bible Camp, kemudian 2017 live in di desa semin, Gunung Kidul. Tahun ini agak berbeda karena selain ziarek ke Jawa Tengah, para OMK yang biasanya tidak terlibat tahun ini sangat dilibatkan. Semoga OMK di MMA dapat kembali aktif,” ujarnya.

Adapun 7 teladan sikap Bunda Maria yang diajarkan adalah iman dan ketaatan (Maria diberi kabar gembira oleh Malaikat Gabriel), bersyukur (Maria, Elizabeth dan Kidung Maria), kerendahan hati (kelahiran Yesus), kesetiaan (Yesus dipersembahkan ke Bait Allah, kisah Hana, dan Simeon), kepedulian (perkawinan di Kana), ketabahan (Yesus di salib), dan kekudusan (Maria diangkat ke Surga).

“Dalam setiap sesi anak-anak diajak untuk berdoa, membaca kitab suci, dinamika kelompok, dan renungan. Melalui berbagai aktivitas tersebut kami berharap agar iman para peserta dapat terus bertumbuh dan berkembang,” sambung Inri.

Disela-sela ziarek, para peserta juga sempat mengunjungi kursus pembinaan taman tani (KPPT) di Salatiga. Mereka belajar untuk merawat alam ciptaan Tuhan dengan menanam tanaman dan melestarikan lingkungan hidup. Rangkaian kegiatan ziarek ini ditutup dengan misa di Gereja Katedral Purwekerto.

(John)

Leave a Reply

Top