Anda di sini
Beranda > Pastoral > Mencari Tuhan, Siapa Takut?

Mencari Tuhan, Siapa Takut?

Seksi Panggilan berkerjasama dengan Seksi Kepemudaan Paroki Katedral menggelar talkshow bertajuk ”Pantang Menyerah Mencari Tuhan, Siapa Takut?” di Aula Paroki, Minggu (24/4). Lebih dari 150 OMK dan 19 tarekat yang terdiri dari bruder, suster, dan pastor hadir dalam kegiatan ini. “Tentunya saya berharap agar setelah mengikuti kegiatan ini dapat tumbuh panggilan di kalangan kaum muda untuk hidup selibat,” ujar Pastor Paroki Katedral RD Dominikus Savio Tukiyo.

Gereja Katolik mengenal berbagai macam panggilan. Sekurang-kurangnya ada 2 jenis panggilan yaitu awam dan khusus. Disebut panggilan khusus karena jumlahnya sedikit dan cenderung menurun oleh karena itu perlu di promosikan. Panggilan khusus juga dibagi menjadi 2 yaitu klerus dan religious. Klerus adalah para pastor, diakon. Sedangkan religious adalah para bruder, suster, dan pastor yang hidup berkontemplatif atau sebagai pendoa.

Para peserta yang hadir diajak untuk merefleksikan panggilannya melalui berbagai kegiatan. Pertama-tama peserta menonton film yang mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang memiliki panggilan sebagai seorang suster sejak kecil. Namun ketika ia ingin masuk biara, keluarga melarangnya. Ia pun nekat dan memulai perjalanannya sebagai seorang suster. Kaul kekal pun tiba dan akhirnya keluarga hadir dan menyadari bahwa Allah telah memanggil anaknya untuk hidup selibat.

Setelah menonton film, peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok bersama fasilitator yakni para bruder, suster, dan frater yang hadir dalam kegiatan ini. Mereka diajak untuk berdiskusi mengenai panggilan remaja perempuan dalam film yang telah ditonton.

(John)

Leave a Reply

Top