Anda di sini
Beranda > Pastoral > Memurnikan Motivasi Lektor

Memurnikan Motivasi Lektor

[CISARUA] Lektor Santo Dominikus Paroki BMV Katedral Bogor menggelar pembekalan di Wisma SVD, Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (22/6) dan Jumat (23/6). Kegiatan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena materi yang diangkat adalah tentang perempuan dan motivasi pelayanan. “Biasanya, lektor dibekali hal-hal teknis seperti liturgi dan makna perayaan ekaristi, kami juga biasanya menggelar kegiatan ini bersama misdinar namun tahun ini mandiri. Harapannya lektor dapat lebih mengenali dirinya agar ke depan tugas pelayanan yang dilaksanakan dapat lebih baik,” ungkap Ketua Panitia Priscilla Diani Kumaradewi.

Wanita lulusan SMA St. Ursula Jakarta ini mengatakan, “kami juga ingin membuat teman-teman lektor yang sebagain besar perempuan menyadari peran dan fungsinya baik di keluarga, gereja, dan masyarakat”.

Sekitar 40 peserta yang terlibat diajak berdiskusi dan berbagi mengenai hal-hal yang biasa dialami oleh remaja perempuan pada umumnya, seperti peran perempuan di masyarakat, pacaran yang ideal, dan sedikit tentang seks edukasi. “Kita harus menyadari diri kita sebagai perempuan. Kesucian adalah anugerah yang berharga dari Tuhan, maka harus dijaga dengan baik,” papar Cecilia Wiranti, salah satu mentor dalam acara ini.

Pendamping lektor St. Dominikus Lusiana Tetty Sukmawati berharap melalui kegiatan ini motivasi para lektor dapat kembali dimurnikan. “Kami mengakui motivasi setiap orang berbeda-beda saat bergabung dalam komunitas lektor ini. Ada yang memang tulus melayani namun juga ada yang hanya ingin tampil, disuruh ikut oleh orangtua, atau mencari pasangan. Melalui kegiatan ini lektor diajak untuk merefleksikan panggilan Allah sebagai pewarta di Gereja,” katanya.

Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD. Dominikus Savio Tukiyo mengajak para lektor untuk menyadari bahwa panggilan yang saat ini sedang dijalani sebagai pewarta semata-mata hanya untuk kemuliaan Tuhan. “Peran lektor sebagai pewarta sabda Allah adalah untuk memuliakan Tuhan, mari kita menjalankan tugas itu dengan mengutamakan kepentingan umat ketimbang kepentingan pribadi,” pungkasnya.

(John)

Leave a Reply

Top