Anda di sini
Beranda > Kategorial > Mampukah kita Menghindari Api Penyucian?

Mampukah kita Menghindari Api Penyucian?

[KATEDRAL] Persekutuan Doa Pembaruan Karismatik Katolik (PDPKK) St. Maria Fatima Paroki BMV Katedral Bogor menggelar Seminar Purgatorium di Gedung Pusat Pastoral Keuskupan Bogor, Sabtu (20/10). Seminar yang mengundang RP Robby Wowor OFM sebagai narasumber tunggal ini dihadiri lebih dari 400 orang.

“Mampukah kita menghindari api penyucian?” Ya, pertanyaan tersebut mungkin terlintas di benak sebagian peserta yang mengikuti seminar itu.

Menurut Pater Robby, sapaan akrab RP Robby Wowor OFM, api penyucian bukanlah sebuah hukuman, namun sebuah jaminan dan hak untuk memurnikan diri manusia sebelum kembali kepada Allah.

“Iman orang Katolik percaya bahwa setelah kematian ada api penyucian, dan baptisan adalah jaminan dan hak kita untuk masuk dalam api penyucian. Api penyucian merupakan masa pemurnian kita dari segala dosa-dosa. Apabila kita menyadari iman dan keyakinan kita sebagai orang Katolik, maka api penyucian sudah selayaknya dijalani,” jelasnya.

Kematian sendiri, sambung Pater Robby, memiliki 3 unsur yakni tubuh atau raga yang dikubur dalam makam, jiwa yang masuk dalam api penyucian untuk dimurnikan, dan roh yang pada akhirnya akan kembali kepada Allah sang pencipta.

 (Yonk/John)

Leave a Reply

Top