Anda di sini
Beranda > Artikel > Kecintaan pada Ekaristi Perlu Ditingkatkan

Kecintaan pada Ekaristi Perlu Ditingkatkan

Perayaan Ekaristi sebagai pusat hidup beriman umat Katolik sudah seharusnya dikenalkan kepada anak-anak sedari dini. Gereja berharap agar para orangtua dapat mendampingi serta mengajarkan anak-anak untuk mencintai ekaristi.

Menurut Ketua Seksi Karya Kepausan Indonesia (KKI) Bina Iman Anak (BIA) Paroki BMV Katedral Inri Kurnia Almesa, saat ini para orangtua sudah berusaha untuk mengenalkan anak-anak terhadap peryaan ekaristi terbukti dari banyaknya anak-anak yang meminta berkat kepada imam setelah para orangtua komuni. “Sudah banyak orangtua yang berupaya menjadi panutan untuk menanamkan perasaan cinta terhadap ekaristi. Namun, menurut saya perlu ditingkatkan karena masih ada saja orangtua yang membawa dan mengizinkan putra dan putri mereka untuk makan dan minum saat misa. Ada juga orangtua yang memberikan smartphone atau tab saat misa agar anak-anak bisa diam,” papar perempuan alumni Program Magister Profesi Psikologi Bidang Kekhususan Klinis Anak Universitas Tarumanegara ini.

Inri yang aktif mengajar di Pastoral Counseling Center (PCC) Keuskupan Bogor ini berharap agar anak-anak semakin aktif berpartisipasi dalam hidup menggereja melalui berbagai kegiatan seperti mengikuti ekaristi, mengikuti BIA, atau misdinar dan lektor. “Semoga anak-anak bisa semakin tertib ketika mengikuti ekaristi dengan menampilkan sikap litugi yang baik dan tentunya bisa mengamalkan doa, derma, kurban, dan kesaksian sebagai anak misioner dan gereja masa depan. Untuk para orangtua, semoga bisa menjadi panutan yang baik bagi anak serta dapat menanamkan nilai-nilai kekatolikan dalam hidup anaknya. Mari dukung anak-anak untuk terus aktif dalam kegiatan menggereja,” tukasnya.

(John)

Leave a Reply

Top