Anda di sini
Beranda > Pastoral > Katolik yang Menghayati Pancasila

Katolik yang Menghayati Pancasila

“Kita harus menjadi Katolik yang menghayati Pancasila. Memahami dan menjalankan agama dengan baik tapi juga menghormati umat agama lain seperti yang tertuang dalam Pancasila,” kata moderator OMK Paroki BMV Katedral Bogor RD Marselinus Wisnu Wardhana dalam kegiatan Bina Iman Remaja di Kebun Raya Bogor, Minggu (3/6) pagi.

Kegiatan bertajuk “100% Katolik 100% Pancasila” ini diikuti oleh 58 peserta BIR dan 18 orang pendamping. BIR kali ini dikemas dengan outbond yang dipimpin oleh Anton Raing salah satu pendamping dari wilayah St. Paskalis Bukit Cimanggu City.

Setelah mendapat penjelasan singkat dari Romo Marsel, anak-anak mengikuti tantangan di 5 pos yang berhubungan dengan tema acara. Peserta dibagi dalam 5 kelompok. Di pos pertama mereka diberi kuis tentang Katolisitas. Kemudian tantangan pos kedua berhubungan dengan empati yaitu empaty ball. Selanjutnya, di pos ketiga kekompakan peserta diuji dalam permainan simpul manusia (human knot) dan pos keempat mengajarkan pentingnya berkomunikasi. Dalam pos terakhir para peserta harus gotong royong di permainan sinergy ball.

Penanggung jawab kegiatan Grace Wiguna berharap agar para peserta semakin mencintai bangsa Indonesia sebagai rumah bersama. “Semoga acara ini menggugah anak-anak untuk mau memahami agama Katolik dan memahami Pancasila lebih baik dengan cara yang menyenangkan,” pungkasnya.

(John)

Leave a Reply

Top