Anda di sini
Beranda > Artikel > Doakan Mereka Sesering Mungkin
65 views

Doakan Mereka Sesering Mungkin

Setiap tahunnya pada tanggal 2 November Gereja Katolik memberikan waktu khusus kepada umat beriman untuk mendoakan saudara-saudarinya yang telah dipanggil Allah. Namun sebenarnya perlu atau tidak umat mendoakan mereka yang telah meninggal? Lalu apa yang seharusnya di doakan?

Menurut Frater Diakon Jeremias Uskono, umat Katolik perlu mendoakan secara komunal Hari Arwah yang diperingati pada 2 November. “Meskipun ada beberapa dari kita yang setiap hari secara pribadi mendoakan arwah saudaranya yang telah meninggal, gereja menetapkan Hari Arwah ini agar kemudian kita mendoakan bersama mereka yang telah meninggal,” jelas Diakon yang sedang melaksanakan Tahun Pastoralnya di Seminari Menengah Stella Maris Bogor.

Diakon Jemie sapaan akrabnya berpendapat bahwa umat perlu mendoakan mereka yang telah dipanggil Allah sesering mungkin. “Perlu banget, sesering kita merindukan saudara kita yang telah meninggal, sesering itu kita mendoakan mereka. Bila tidak memungkinkan mengunjungi makam karena makam jauh maka doakanlah di setiap kita merindukannya dan yang harus didoakan adalah keselamatan jiwa, kebahagiaan kekal, pengampunan dosa orang yang meninggal, dan ketabahan si pendoa,” tukas pria yang ditahbiskan pada 27 Juli 2016 itu.

(John)

Leave a Reply

Top