Anda di sini
Beranda > Pastoral > BIR, Belajar Menghargai Air

BIR, Belajar Menghargai Air

[CIPAKU] Sejalan dengan tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) Keuskupan Bogor 2018, Bina Iman Remaja (BIR) Paroki BMV Katedral Bogor menggelar kunjungan ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Dekeng, Bogor, Sabtu (17/3) pagi. Kegiatan bertajuk “Air Sumber Kehidupan” ini diikuti sekitar 50 orang remaja usia SMP, 14 pendamping BIR, dan 2 orang pastor yakni RD Marselinus Wishnu Wardhana dan RD Paulus Piter.

“Kami ingin orang muda belajar menghargai air. Air bersih sebagai salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia semakin hari semakin menurun kualitas serta ketersediaannya,” kata Aldy Kumoro salah satu panitia.

Kasubag IPA PDAM Tirta Pakuan Asep Yoga hadir untuk memberikan pemaparan berkaitan dengan pengolahan air. Foto: Dok. Panitia

Kasubag IPA PDAM Tirta Pakuan Asep Yoga hadir untuk memberikan pemaparan berkaitan dengan pengolahan air di tempat itu. “Perlu diketahui, air baku yang masuk ke dalam PDAM ini berasal dari sungai dan sering kali masih terdapat sampah di dalamnya. Tentu hal itu menyulitkan kami dalam pengolahan. Maka saya mengajak kita semua untuk tidak membuang sampah sembarangan khususnya di aliran sungai,” jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, air baku adalah air yang akan digunakan untuk input pengolahan air minum yang memenuhi mutu air baku. Air baku yang diolah menjadi air minum dapat berasal dari sumber air bawah tanah yaitu dari lapisan yang mengandung air di bawah permukaan tanah dangkal atau dalam. Dapat juga berasal dari sumber air permukaan yaitu sungai, danau, rawa dan mata air.

Setelah mengikuti kegiatan ini para peserta diharapakan dapat mengerti bagaimana pengolahan air baku menjadi air bersih sehingga dapat dipakai untuk keperluan hidup manusia sehari-hari.

Para peserta yang hadir juga melakukan kunjungan lapangan ke tempat pengolahan air, bermain games, dan mendapat renungan tentang kelestarian lingkungan hidup dan air oleh Romo Piter.

(John)

Leave a Reply

Top