Anda di sini
Beranda > Mancanegara > Basolia Dampingi Mahasiswa Singapura Kunjungi Katedral

Basolia Dampingi Mahasiswa Singapura Kunjungi Katedral

[KATEDRAL]  Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) mendampingi kunjungan studi Mahasiswa Muslim asal Singapura di Gedung Pastoran Paroki BMV Katedral, Bogor, Sabtu (19/9).

Kunjungan dengan tujuan untuk mempelajari kerukunan umat beragama di Kota Bogor ini dihadiri juga oleh Ketua Basolia KH Zainal Abidin, Sekjen Basolia Arifin Himawan, dan disambut Pastor Paroki Katedral RD Dominikus Savio Tukiyo serta RD Mikael Endro Susanto.

Saat bertemu dengan mahasiswa Singapura, Arifin Himawan mengungkapkan kegiatan-kegiatan Basolia terselenggara berkat dukungan semua agama di Bogor.  “Kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Basolia tentu tidak terlepas dari dukungan umat beragama di Bogor, baik secara materi maupun moril.  Namun Basolia tidak pernah membeda-bedakan agama mana yang menyumbang lebih besar, walaupun sumber dana berbeda-beda tapi kegiatan yang diselenggarakan tetap atas nama Basolia,” tutur Arifin.

Selepas itu, para tamu diajak berkeliling melihat-lihat Gereja Katedral didampigi Romo Tukiyo dan Romo Endro.  Di dalam Gereja Katedral salah satu peserta bertanya mengenai kebijakan Gereja.  “Bagaimana kebijakan mengenai pernikahan beda agama di Gereja Katolik”  tanya salah seorang mahasiswa Singapura.  Romo Endro menjelaskan bahwa Gereja Katolik memberikan dispensasi terhadap pernikahan beda agama dan untuk mempelai yang berbeda iman.  Gereja tidak pernah memaksa untuk berpindah namun Gereja selalu menghormati dan menghargai iman yang telah dimiliki mereka.”  

(John)

Leave a Reply

Top