Anda di sini
Beranda > Kategorial > Ada Disko di Sosialisasi APP

Ada Disko di Sosialisasi APP

[PUSPAS] Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) menggelar sosialisasi materi Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2017 berlokasi di Aula lt. 4 Gedung Pusat Pastoral Keuskupan Bogor, Minggu (19/2). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Seksi PSE dengan Seksi Kateketik dan Seksi Pendidikan Kitab Suci Paroki BMV Katedral Bogor. Masih berfokus pada kaum muda, selain alam semesta, APP 2017 Keuskupan Bogor mengusung tema “Orang Muda Katolik (OMK) Penunjang Keluarga Berwawasan Ekologis”. 

“Tema APP kali ini bertujuan menjadikan OMK sebagai pusat perhatian dalam upaya mempersiapkan dan membekali OMK menjadi orang Katolik yang tidak biasa, yang lebih, yang beda, dan yang prihatin terhadap masalah lingkungan hidup. Serta mendorong para OMK menjadi agent of change, agen perubahan untuk lingkungan kita,” papar Pastor Paroki BMV Katedral Bogor RD Dominikus Savio Tukiyo. 

Tidak seperti pembekalan materi APP biasanya, kali ini digelar sesi disko alias diskusi kelompok. “Biar tidak ada yang mengantuk,” kata Michael Indra Wahyudi, salah satu panitia. Sesi Disko ini merupakan simulasi pendalaman iman di lingkungan selama masa Prapaskah. Para peserta yang nantinya akan menjadi pemandu di lingkungan masing-masing diajak berdiskusi menjawab pertanyaan-pertanyaan dari materi APP. Harapannya adalah hasil disko ini dapat membantu para pemandu pendalaman iman di lingkungan nantinya. 

Menarik dalam disko ini, para OMK yang juga diundang hadir dalam sosialisasi menjadi presenter hasil disko kelompok masing-masing. Salah satu OMK yang berasal dari wilayah St. Yohanes Pembaptis Bojong Gede, Dikna, berhasil membakar animo para peserta yang sebagian besar orang dewasa dengan gaya presentasi yang interaktif. Antusiasme peserta dalam menjawab pertanyaan yang sebenarnya bersifat retorika menjadikan sosialisasi materi APP tahun ini lebih hidup. 

APP tahun ini juga mengajak orangtua untuk terus membimbing, mengarahkan, dan mengingatkan anak-anak, remaja, serta orang muda dalam membangun habitus ekologis. Karena keluarga adalah tempat pendidikan dan pengembangan watak dan kepribadian yang paling utama. 

Penasaran dengan hasil disko perdana sosialisasi APP tahun 2017? Jangan lupa datang ke pendalaman iman APP di lingkungan masing-masing.

(Yohana Mesiana/John)

Leave a Reply

Top