Anda di sini
Beranda > Pastoral > 70 Tahun Regina Pacis: Membangun Karakter Melalui Kesenian

70 Tahun Regina Pacis: Membangun Karakter Melalui Kesenian

[REGINA PACIS] Menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-70, Sekolah Regina Pacis (RP) Kota Bogor mempersembahkan Gebyar 70 Tahun Regina Pacis melalui pagelaran seni orchestra dan choir bertajuk “Pembangunan Karakter Melalui Olah Seni Bagi Indonesia Raya”, Sabtu (8/9) mendatang di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor. Hal ini diungkapkan panitia dalam konferensi pers di lapangan SD Regina Pacis, Rabu (8/8) malam.

Ketua Panitia Putut Darjadi mengatakan, acara ini akan menjadi pertunjukan yang spektakuler karena ada beberapa kegiatan besar yakni pagelaran seni, orchestra dan paduan suara, gebyar karya cipta, mega bazar, dan temu kangen alumni. “Sekitar 600 siswa-siswi akan terlibat dalam pagelaran ini, mereka akan mementaskan kisah berdirinya Regina Pacis  hingga percintaan ala anak SMA. Pagelaran seni ini disutradarai oleh Wawan Sofwan, seorang sutradara kawakan Indonesia yang terakhir menyutradarai naskah karya Putu Fajar Arcana dalam peresmian patung Garuda Wisnu Kencana di Bali baru-baru ini,” jelas Putut yang sebenarnya adalah Alumni Kanisius.

Walaupun bukan alumni Regina Pacis, Putut adalah orangtua dari salah satu murid yang sedang bersekolah di Regina Pacis. “Saya adalah alumni Kanisius, tetapi saya orangtua murid di Regina Pacis. Saya juga memiliki kecintaan terhadap sekolah ini, dan mempunyai semangat untuk menyukseskan acara 70 tahun Regina Pacis,” katanya.

Orkestra dan paduan suara tampil dengan meriah serta menghibur dalam konferensi pers di lapangan Sekolah Regina Pacis. Foto: Aloisius Johnsis

Suster Sylvia Kartawijaya FMM selaku Direktur Sekolah Regina Pacis menceritakan awal mula berdirinya Regina Pacis serta sistem yang berjalan di dalamnya. “Kenapa ada tema karakter dan kesenian? Karena penanaman karakter yang baik sudah kami coba tanamkan sejak awal berdirinya Regina Pacis pada 1948. Untuk menghasilkan siswa-siswi yang berkarakter, kami mencoba memfasilitasi mereka dalam berbagai ekstrakulikuler. Kami percaya bahwa karakter hadir melalui kesenian, dan nilai akademis serta kesenian kami coba seimbangkan dalam Regina Pacis,” tuturnya.

Hadir pula, Alumni Regina Pacis angkatan 86 sekaligus Wakil Wali Kota Bogor terpilih Dedie A Rachim, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Syahlan Rasyidi, dan Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kota Bogor Maman Suherman.

Yana Julio salah satu bintang tamu dalam Gebyar 70 Tahun Regina Pacis. Foto: Aloisius Johnsis

“Menurut saya, Regina Pacis telah menyumbang banyak karya untuk Bangsa. Banyak pejabat baik yang sudah berumur ataupun yang masih muda berasal dari Regina Pacis. Mereka ada yang berkarya di Kejaksaan, BUMN, Bank Indonesia, Kepolisian, dan pemerintahan. Saya pun bisa 13 tahun berkarya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkat didikan dari Regina Pacis. Bahkan saat ini Ketua Perhimpunan Hotel Restoran (PHRI) Kota Bogor Bapak Yuno Abeta Lahay, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor Bapak Benninu Argobie, dan Ketua Kamar Dagang dan Indonesia (KADIN) Kota Bogor Bapak Erik I.Suganda, semuanya adalah lulusan Regina Pacis,” pungkas Dedie A Rachim.

HUT 70 tahun Regina Pacis ini juga akan menghadirkan 5 artis Nasional yakni Putri Ayu, Yana Julio, Katon Bagaskara, Dinda Kanya Dewi, dan Reza Artamevia.

(John)

Leave a Reply

Top